Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Kolaborasi BYD dan Toyota Bisa Hadir di Indonesia?

Kompas.com - 20/05/2024, 18:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Toyota menampilkan sport crossover concept untuk pertama kalinya di Eropa. Mobil konsep tersebut pertama kali diungkapkan dalam forum Kenshiki Toyota di Brussels, Belgia.

Toyota sport crossover concept menampilkan siluet aerodinamis yang ramping serta garis fastback yang khas. Desain ini sekaligus akan menjadi ikon untuk jajaran kendaraan listrik (BEV) Toyota.

Desain yang modern khas crossover juga dipadukan dengan kenyamanan maksimal, dikombinasikan dengan kepraktisan lima pintu, bagasi yang besar, dan ruang kaki belakang yang luas.

Baca juga: Melihat Pabrik Vinfast di Vietnam, Kapasitas 300.000 Unit per Tahun

Untuk diketahui, sport crossover concept pertama kali dipresentasikan di Auto Shanghai pada April 2023. Mobil ini telah dikembangkan untuk pasar China dan Eropa oleh BYD Toyota EV Technology Co.Ltd. (BTET).

Lantas, adakah kemungkinan Toyota bakal membawa kolaborasi dengan BYD untuk pasar Tanah Air?

Ketika menanyakan hal ini, Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, belum bisa memberi informasi lebih lanjut terkait hal tersebut.

Toyota Sport Crossover Concepttoyota.eu Toyota Sport Crossover Concept

“Saya belum bisa komentar untuk produk yang akan datang,” ucap Anton, kepada Kompas.com, Senin (20/5/2024).

Sementara itu, salah satu sales Toyota di Jakarta juga menyebut bahwa pabrikan otomotif raksasa asal Jepang itu sedang mempersiapkan mobil listrik. Namun belum diungkapkan model apa yang akan diluncurkan.

Baca juga: Video Pengendara Motor Kecelakaan dan Terpental ke Jalan Tol Jagorawi

“Toyota mau masukin tiga mobil listrik, kabarnya harga setara BYD Atto dan Dolphin. Kemungkinan pabrik di Indonesia dan dapat TKDN 40 persen, rebadge BYD,” ucap tenaga penjual Toyota tersebut.

Sebagai informasi, Toyota sudah menargetkan akan menggarap penjualan sekitar Rp 5,5 juta unit kendaraan listrik yang dilakukan secara global hingga 2025. Kerja sama dengan BYD antara lain sebagai langkah Toyota masuk ke pasar China dan kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com