Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Ungkap Truk Konsep Bahan Bakar Hidrogen

Kompas.com - 19/05/2024, 18:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Carscoops


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda memperkenalkan Honda Cell 8, truk konsep berbahan bakar hidrogen alias fuel cell. Truk kelas berat ini merupakan bukti Honda yang peduli terhadap bahan bakar ramah lingkungan.

Spesifikasi semi konsep Cell 8 dibekali dengan tiga sel bahan bakar dan sebuah tangki yang dapat menampung hidrogen seberat 82 kg. Truk trailer ini bisa menempuh jarak 400 mil atau setara 643 km jika tangki terisi penuh.

Baca juga: Asosiasi Otomotif China Kecam AS Lakukan Proteksi Industri EV

Honda memperkenalkan Honda Cell 8, truk semi konsep berbahan bakar hidrogen alias fuel cell.Foto: Carscoops Honda memperkenalkan Honda Cell 8, truk semi konsep berbahan bakar hidrogen alias fuel cell.

Menariknya jarak tersebut diklaim bisa diraih meski truk menarik trailer seberat 53.694 lbs atau setara 24.355 kg (24,3 ton), dengan kecepatan tertinggi mencapai 113 km/jam.

Honda tidak banyak berkomentar mengenai sistem ini, namun menyebut bahwa bahwa sel bahan bakar baru dapat meningkatkan performa sekaligus mengurangi biaya hingga dua pertiga dibandingkan istem generasi sebelumnya.

Sel bahan bakarnya sendiri ketehui dikembangkan antara Honda dengan General Motors (GM) dan dibangun di Michigan, Amerika Serikat.

Asisten wakil presiden keberlanjutan dan pengembangan bisnis American Honda Motor, Ryan Harty, mengatakan Honda secara aktif membantu menghadirkan solusi sel bahan bakar hidrogen ke pasar di Amerika Utara.

Baca juga: Orang Kaya Belum Tertarik Naik Bus Mewah, Masih Pilih Mobil Pribadi

“Kendaraan komersial, termasuk truk Class 8, di mana sel bahan bakar menawarkan pengganti nol emisi terbaik untuk aplikasi diesel yang ada, adalah bagian penting dari strategi bisnis hidrogen Honda yang luas," ujarnya dilansir dari Carscoops, Minggu (19/5/2024).

Selain itu Honda juga menyebut ingin melihat hidrogen digunakan dalam peralatan konstruksi, pembangkit listrik, dan kendaraan penumpang seperti CR-V e:FCEV. Artinya ke depan teknologi fuell cell bakal turun ke mobil penumpang sampai kelas bawah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com