Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Umar Abdullah, Pertama Kali Balap di Sepang Langsung Naik Podium TCR Asia Pro

Kompas.com - 06/05/2024, 21:17 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Umar Abdullah Basalamah, pebalap Delta Garage Racing Team jadi pebalap Indonesia terbaik di TCR Asia Series di Sirkuit Sepang. Honda Civic Type R FL5 TCR yang ia pakai balap berhasil naik podium ketiga di Race 2 Seri Perdana TCR Asia Series.

Umar menjelaskan, ada empat pebalap Indonesia yang turun balap di Sirkuit Sepang pekan lalu. Pada TCR Asia, terdapat dua kelas, Pro dan Amatir.

Sebenarnya Umar baru pertama balap di seri TCR Asia. Seharusnya dia masuk ke kelas Amatir, tapi malah diminta bertarung di kelas Pro.

 Baca juga: Aprilia Bikin Motor Balap, Spek Mirip Motor MotoGP

Umar Abdullah Basalamah, pebalap Indonesia yang berhasil podium tiga di TCR AsiaSYAZONE Umar Abdullah Basalamah, pebalap Indonesia yang berhasil podium tiga di TCR Asia

"Harusnya masuknya amatir tapi waktu practice 1, saya paling cepat nomor satu. Saat practice 2 saya nomor dua. Akhirnya dari empat peserta itu saya aja yang dimasukkan ke pro," kata Umar kepada Kompas.com, Senin (6/5/2024).

Lalu saat dia kualifikasi, Umar mendapatkan posisi keempat untuk Race 1 dan kelima buat Race 2. 

"Seharusnya pas kualifikasi bisa dapat ketiga. Cuma di sektor ketiga, saya membuat sedikit kesalahan, jadinya start keempat," kata Umar.

 Baca juga: Cegah Pemalsuan, Pelat Nomor Khusus Kode ZZ Dipasang RFID

Umar Abdullah Basalamah, pebalap Indonesia yang berhasil podium tiga di TCR AsiaSYAZONE Umar Abdullah Basalamah, pebalap Indonesia yang berhasil podium tiga di TCR Asia

Baru pada Race 2, Umar berhasil podium padahal memulai dari posisi kelima. Kemenangan ini sebenarnya jadi hal yang menarik, baru pertama kali balapan melawan para pebalap yang sudah dari lama ikut TCR Asia.

"Lawan sayansudah sering ikut ajang ini. Sedangkan mobil saya baru dikirim seminggu sebelum balap. Jadi setelannya belum ketemu, bisa jadi yang tercepat saat latihan saja sudah oke banget," kata Umar.

Umar bilang, buat catatan waktu saat balapan, memang belum bisa mengungguli pebalap lainnya. Mereka sudah punya data lengkap, dari trek sampai panas ban selama bertahun-tahun.

 

Umar Abdullah Basalamah, pebalap Indonesia yang berhasil podium tiga di TCR Asia
@SYAZONE Umar Abdullah Basalamah, pebalap Indonesia yang berhasil podium tiga di TCR Asia

"Tapi untuk round 2 (di Sirkuit Sepang) harusnya kita sudah punya datanya," kata Umar.

Sudah dua kali balapan di seri pertama, Umar berhasil duduk di klasemen ketiga semua pebalap. Seri kedua akan berlangsung di Sirkuit Sepang lagi, seri tiga dan empat di Buriram, Thailand.

"Seri kelima di Shanghai dan keenam di Macau," kata Umar.

Hasil Umar di TCR Asia membuktikan pebalap Indonesia mumpuni untuk ikut balapan di gelaran internasional. Mari kita tunggu prestasi lainnya di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com