Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Balap Listrik Formula E Garapan Liberty Walk Mejeng di Tokyo

Kompas.com - 30/03/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil listrik, Formula E, bakal digelar di Jepang untuk pertama kali. Negeri yang mendapat julukan Matahari Terbit itu pun menyambut Formula E dengan cukup meriah.

Salah satunya adalah dengan menggandeng modifikator andal asal Jepang, Liberty Walk untuk menghadirkan bodykit khusus yang dipasang pada mobil balap Formula E Gen 3.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (29/3/2024), bodykit khusus ini terinspirasi dari “golden era of Japanese street racing” alias era keemasan balap jalanan di Jepang. Hasilnya, konsep mobil balap listrik ini terlihat lebih liar daripada mobil Formula E Gen 3 standar.

Baca juga: Produsen Oli Ini Ajak Ratusan Pengendara Motor Kejar Kebaikan

Livery warna bendera Jepang cukup jelas terlihat. Desain Liberty Walk ini mengacu pada mobil balap futuristis dalam serial anime "Future GPX Cyber Formula" yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1991.

Formula E Liberty WalkDoc Carscoops Formula E Liberty Walk

Pada livery tersebut juga tampak stiker sponsor dan merek Liberty Walk. Sang tuner turut menambahkan lampu neon pada bagian bawah bodi mobil, sebagai simbol dari Kota Tokyo.

Pada bagian fasia, sayap depan didesain ulang dengan memberikan beberapa lekukan menggabungkan slitter ganda, canard tambahan serta saluran udara. Bagian samping juga terlihat semakin kekar berkat adanya lekukan tambahan.

Bagian roda tetap menggunakan pelek standar, namun ditambah penutup pelek atau wheeldop berwarna merah, yang membuat mobil ini tampak lebih menarik.

Formula E Liberty WalkDoc Carscoops Formula E Liberty Walk

Sementara di bagian buritan, Liberty Walk menambahkan sayap belakang yang cukup besar dipadukan dengan lampu LED berbentuk X. Alhasil tampilan yang dihasilkan begitu futuristis dan agresif.

Baca juga: Puluhan Ribu Kendaraan Akan Masuk Malang Saat Musim Libur Lebaran

Kendati demikian, modifikasi yang dihadirkan Liberty Walk tidak akan berpartisipasi dalam E-Prix. Formula E Liberty Walk hanya dipamerkan di area Fan Village saat penyelenggaraan Tokyo E-Prix 2024 pada Sabtu (30/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com