Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Perancis 2024; Martin Juara, Marquez Curi Podium 2 dari Bagnaia

Kompas.com - 12/05/2024, 19:47 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan sengit dipertontonkan pada ajang MotoGP Perancis 2024, di Sirkuit Le Mans, Minggu (12/5/2024). Jorge Martin mampu menjadi juara, Marc Marquez ada di posisi kedua, dan Francesco Bagnaia di posisi tiga.

Balapan berlangsung ketat sampai lap terakhir, yang dikuasai trio Ducati yakni Martin, Bagnaia dan Marquez.

Martin mampu mengambil alih posisi terdepan dari Pecco Bagnaia. Marquez tak mau ketinggalan persaingan, juga mencuri podium kedua dari Bagnaia di lap terakhir.

Jorge Martin yang start dari pole position berhasil dikalahkan oleh Francesco Bagnaia. Pebalap tim pabrikan Ducati yang start dari posisi kedua itu tidak lagi melakukan kesalahan seperti pada sprint race.

Bagnaia pun langsung memimpin jalannya balapan. Diikuti Martin di posisi kedua dan Aleix Espargaro pada posisi ketiga. Memasuki lap kedua, Bagnaia masih memimpin barisan.

Marc MarquezInstagram @marcmarquez93 Marc Marquez

Sementara itu, Marc Marquez berhasil memperbaiki posisinya, dari start posisi ke-13 dan naik ke posisi kedelapan. Enea Bastianini bertahan di depan Marc pada posisi ketujuh.

Posisi keenam, sementara dikuasai oleh Maverick Vinales hingga lap ketiga. Pedro Acosta juga tampil kompetitif dan bertahan di posisi kelima.

Pada lap yang sama, Marc berhasil naik lagi ke posisi ketujuh. Persaingan pada barisan terdepan sangat ketat, terlihat Fabio Di Giannantonio menyalip Aleix namu belum berhasil.

Acosta mencoba untuk bergabung, tapi sayangnya dia terjatuh tepat di depan Di Giannantonio. Tak lama kemudian, Marco Bezzecchi juga terjatuh pada lap keempat. Padahal, tak sedikit yang memfavoritkan Bezzecchi, karena dirinya adalah pemenang musim lalu.

Memasuki lap kelima, Bagnaia masih memimpin balapan. Martin menempel ketat di belakangnya, diikuti Aleix di posisi ketiga, Diggia posisi keempat, dan Maverick Vinales di posisi kelima.

Marc sementara ini bertahan di posisi keenam. Tapi, jaraknya dengan Vinales juga sangat dekat. Pada lap keenam, Marc masih bertahan di belakang Vinales, mencari celah dan waktu yang tepat untuk merebut posisi kelima.

Pada barisan terdepan, Bagnaia mulai mencoba memperbesar selisih dengan Martin hingga 0,21 detik. Namun, Martin masih memiliki performa yang baik dan memangkas selisih hingga 0,17 detik.

Francesco Bagnaia 
Instagram @pecco63 Francesco Bagnaia

Pada lap ketujuh, Marc mulai melancarkan manuver dengan menyalip Vinales. Pebalap Aprilia tersebut berhasil kembali merebut posisi kelima.

Memasuki lap kedelapan, giliran Diggia mencoba menyalip Aleix. Namun, Aleix yang merupakan pebalap paling senior di kelas ini memberikan perlawanan dan kembali mengamankan posisi ketiga.

Ketiga pebalap terdepan ini bertahan di posisinya hingga memasuki lap ke-23.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com