Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kymco Perluas Battery Swap Station untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Kompas.com - 04/05/2024, 10:47 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan pemakaian akan kendaraan listrik Kymco
iONEX, memperluas jaringan Battery Swap Station (BSS).

Kymco iONEX Battery Swap Station (BSS) terbukti unggul karena telah digunakan oleh ribuan pengendara motor listrik di wilayah JaTaBek (Jakarta, Tangerang dan Bekasi) dan mencapai 600.000 kali swap di tahun 2023 menurut data iONEX System Management.

Saat ini Battery Swap Station (BSS) telah tersebar di hampir 40 titik di wilayah JaTaBek di lokasi strategis di 3 perusahaan besar yakni Grab, Kentucky Fried Chicken (KFC) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Baca juga: Kenali Penyebab Ban Mobil Benjol Samping

“Battery Swap Station (BSS) akan terus kami perluas demi memenuhi kebutuhan pelanggan, target kami di tahun 2024 ini akan membuka BSS di 50+ titik strategis di wilayah JaTaBek,” kata Chen Jun Lung, Direktur Kymco.

Kymco perluas Battery Swap Station (BSS)dok. Kymco Kymco perluas Battery Swap Station (BSS)

Perluasan Battery Swap Station dilakukan oleh Kymco iONEX merupakan salah satu dukungan kepada kebijakan pemerintah, dimana menurut Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mendorong adanya skema pembelian kendaraan bermotor listrik tanpa baterai,yaitu dengan konsep tukar baterai atau Swap Battery.

“KYMO iONEX Battery Swap Station (BSS) mengedepankan keamanan, kecepatan dan tanpa waktu tunggu serta kenyamanan untuk pelanggan” kata Chen.

Stasiun penukaran baterai ini sangat membantu operasional para pengemudi Ojek Online dengan berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki.

Keunggulan yang dimiliki oleh BSS KYMCO iONEX, dapat mengisi ulang daya baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu 1 jam. Sementara untuk mengisi daya baterai hingga penuh 100 persen dibutuhkan waktu hanya 2 jam saja dan tidak disarankan untuk melakukannya di rumah demi keamanan.

Baca juga: Mengecek Kualitas Oli Bisa Dilihat dari Warnanya

Baterai Kymco iONEXdok. Kymco Baterai Kymco iONEX

Dalam proses penukaran baterai di BSS, pelanggan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 detik saja. Di mana pelanggan hanya perlu memasukkan baterai yang sudah mendekati 20 persen, dan BSS akan otomatis mengeluarkan baterai yang terisi penuh.

Pelanggan tidak perlu lagi melakukan scan barcode ataupun membuka aplikasi untuk melakukan penukaran baterai.

BSS Kymco iONEX beroperasi 24 jam per hari, tujuh hari dalam seminggu dengan penyeimbangan beban dan cadangan tenaga di bawah pengelolaan cloud milik iONEX System Management untuk memastikan operasi otonom yang aman dan tanpa gangguan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com