Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Klaim Konsumsi BBM Citroen C3 Aircross SUV

Kompas.com - 25/04/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Citroen baru-baru ini meluncurkan The All New C3 Aircross SUV, Selasa (23/4/2024). SUV 7-seater ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, mulai Rp 289,9 juta.

Bicara soal jantung pacu, The All New C3 Aircross SUV dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc 3 silinder turbo, yang mampu menghasilkan tenaga 110 Ps atau 108 Tk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.750 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Terkait mesin yang disematkan pada The All New C3 Aircross SUV, Citroen mengeklaim bahwa tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada mobil tersebut tembus 17,5 km per liter (kpl).

Baca juga: ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya

Artinya, dengan kapasitas tangki penuh (45 liter), Citroen mampu menempuh jarak hingga 787,5 km. Jika diilustrasikan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya yang menempuh jarak sekitar 787,5 km, The All New C3 Aircross SUV disebut hanya perlu melakukan sekali pengisian bahan bakar.

The All New C3 Aircrosss SUVKompas.com/Nanda The All New C3 Aircrosss SUV

Sementara itu, Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer Citroen Indonesia mengatakan, Citroen C3 Aircross sudah mengadopsi standar Euro 5. Kendati demikian, mobil ini masih bisa menenggak bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 92.

“Sejauh ini kita sudah tes dengan oktan 95 lalu 92, semuanya sampai hari ini semua berjalan bagus tidak ada kendala,” ucap Tan Kim Piauw, di Pantai Indah Kapuk, Tangerang, Banten, Selasa (23/4/2024).

Sebagai informasi, ada dua varian Citroen C3 Aircross SUV yang dipasarkan di Indonesia, yakni tipe monotone Rp 289,9 juta dan Rp 294,9 juta untuk tipe dualtone.

Baca juga: Motor Listrik Baru Polytron Segera Meluncur, Bukan T-Rex Namanya

Jika melihat dari sisi harga, Citroen C3 Aircross SUV menjadi model sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang dengan harga yang paling terjangkau jika dibandingkan para kompetitornya. Sebut saja Honda BR-V yang dijual Rp 318,4 juta dan Toyota Rush yang dibanderol Rp 295,2 juta, untuk tipe transmisi otomatis.

Meskipun kapasitas mesin yang ditawarkan The All New C3 Aircross SUV lebih kecil, yakni hanya 1.200 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com