Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk di Magetan Terjun ke Sungai Saat Mau Menyalip

Kompas.com - 23/04/2024, 12:22 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Truk Mitsubishi engkel terjun bebas ke sungai sedalam 10 meter di Magetan, Senin (22/4/2024).

Dikutip dari Kompas.com, Kasihumas Polres Magetan, Jawa Timur, Kompol Budi Kuncahyo mengatakan, truk tersebut hendak mendahului kendaraan roda 4 lainnya.

“Dari keterangan sejumlah saksi truk melaju kencang dari arah timur hendak mendahului kendaraan lainnya. Saat berada di atas jembatan, sopir tidak bisa menguasai kendaraan karena jembatan berada di tikungan tajam sehingga menabrak pembatas jembatan dan masuk sungai,” katanya melalui pesan singkat, Senin (22/4/2024).

Baca juga: Penyebab Penyerapan Insentif Motor Listrik Masih Belum Maksimal

Kondisi tikungan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.KOMPAS.COM/PERDANA PUTRA Kondisi tikungan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, sudah banyak kecelakaan yang tejrdi di jalan menikung namun masih saja banyak pengemudi yang belum sadar.

“Jelas berbahaya, karena di tikungan blindspot-nya besar dan mengontrol kendaraanya lebih sulit,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sony juga mengingatkan, untuk tidak berlama-lama pada posisi menyalip. Jika dirasa tidak memungkinkan untuk menyalip, segera kurangi kecepatan, nyalakan lampu sein kiri dan kembali ke lajur semestinya.

Baca juga: Ini Motor Bebek Legendaris yang Harganya Tembus Puluhan Juta Rupiah


Sementara, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, di jalan tikungan kendaraan susah melihat apa yang ada di depan.

Pada saat menikung tentu bagian depan jalan tidak terlihat sehingga kita tidak mengetahui apa yg ada di depan. Jadi apabila ingin mendahului kendaraan sebaiknya pada saat jalan lurus sehingga pandangan kita dapat melihat bagian depan secara aman," kata Agus.

Sangat tidak disarankan untuk menyalip pada di tikungan atau tanjakan dan turunan. Sebab pada medan jalan tersebut, ada titik buta atau blind spot. Jika memaksa menyalip pada kondisi jalan tersebut sangat berisiko menimbulkan kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com