Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Rem Blong, 2 Mobil Tabrakan di Gerbang Tol Tebing Tinggi

Kompas.com - 23/04/2024, 06:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan yang melibatkan dua mobil di Gerbang Tol Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Dikutip dari Kompas.com, Kasat Lantas Polres Tebing Tinggi AKP Agnis Juwita mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi pada Minggu (21/4/2024) sekitar pukul 11.30 WIB.

Lokasi kecelakaan tepatnya di exit tol lama Tebing Tinggi, Desa Paya Bagas Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai.

Agnis juga mengatakan, kecelakaan tersebut melibatkan mobil Toyota Innova dan Toyota Yaris, keduanya sama-sama datang dari arah Kota Medan menuju Kota Tebing Tinggi.

Baca juga: Aleix Espargaro Sebut Peran Penting Pebalap Tes

Ilustrasi Rem blong Ilustrasi Rem blong

"Setibanya di TKP di Exit Tol lama Tebing Tinggi, mobil penumpang Toyota Innova mengalami rem blong, sehingga pengemudinya banting setir ke kiri dan menabrak besi GTO Exit Tol Tebing Tinggi, hingga membuat tiang GTO tersebut tumbang," ujar Agnis dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/4/2024).

Tiang yang tumbang tersebut mengenai Innova dan Yaris yang ada di depannya. Akibatnya kedua mobil ringsek dan tidak ada korban jiwa.

Mobil mengalami rem blong bisa saja dialami oleh pemilik mobil yang tidak melakukan perawatan dengan baik.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) mengatakan, pengemudi harus mengetahui penyebab terjadinya rem blong supaya bisa mengatasinya.

“Rem mobil bisa mengalami blong karena brake fading dan juga vapor locking. Maka dari itu, sebelumnya kita perlu menjaga kualitas cairan rem yang digunakan,” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Truk Sumbu 3 Dilarang Melintas di Flyover Tanjakan Gelong Jakbar


Hal ini bisa menjadi upaya pencegahan terjadinya kecelakaan di jalan raya akibat kondisi mobil yang tidak prima.

Marcell juga mengatakan, ada langkah yang harus dilakukan jika mobil mengalami rem blong, yaitu dengan teknik engine brake.

“Saat mobil mengalami rem blong, pertama yang kita lakukan yakni melakukan teknik engine brake. Kurangi kecepatan secara perlahan dengan menurunkan gigi,” kata Marcell.

Jika mobil belum berhenti ketika melakukan engine brake, maka injak pedal rem lagi untuk mengantisipasi adanya vapor locking pada sistem pengereman.

“Kalau memang tidak bisa, kita coba kocok remnya sebagai antisipasi kemungkinan vapor locking sehingga uap atau udara yang ada di selang rem bisa hilang,” kata Marcell.

Namun, jika mobil masih jalan juga, coba gesekkan mobil ke pembatas jalan atau jika ada alur penyelamat bisa digunakan untuk mengurangi kecepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com