Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Senang Vinales Menang Pakai Motornya

Kompas.com - 19/04/2024, 18:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales berhasil memenangkan balapan di Circuit of The Americas (COTA). Kemenangan tersebut juga jadi yang pertama buatnya menggunakan motor Aprilia.

Rekan satu tim Vinales, Aleix Espargaro turut senang dengan performa temannya yang berhasil menang menggunakan Aprilia.

Pria yang kerap dijuluki Pak RT ini kembali ke momen awal dia dan Aprilia mengembangkan motor.

Dikutip dari Crash, Aleix sempat kesulitan mencari rekan satu tim saat awal mengembangkan motor. Bahkan tidak sedikit pebalap yang menolak untuk masuk tim pabrikan Italia tersebut.

Baca juga: Vespa Tua Ini Raih Rekor Perjalanan 24 Jam, Tembus 1.233 Km

Pebalap Aprilia Maverick Vinales, juara di MotoGP Amerika 2024Crash.net Pebalap Aprilia Maverick Vinales, juara di MotoGP Amerika 2024

"Saya ingat saat awal diajak ke Aprilia, waktu itu akhir 2016. Saya memang bukan pilihan paling atas saat itu, cuma para pebalap lain tidak mau ke Aprilia karena tidak ada yang percaya dengan proyek ini," kata Aleix dikutip Kompas.com dari Crash, Jumat (18/4/2024).

Bahkan, Aleix sempat mengajak pebalap Moto2 buat jadi rekan setimnya. Cuma mereka semua tidak ada yang mau, lebih memilih dapat tawaran dari pabrikan lain.

"Penolakan ini yang membuat saya makin termotivasi untuk menang. Jadi seperti 'oke kalian akan mengingat hari ini saat kalian menolak Aprilia," kata Aleix.

Baca juga: Aprilia Klaim RS-GP adalah Motor Tercepat di MotoGP Saat Ini

Makanya, terakhir dia mendorong Vinales yang juga merupakan mantan rekan setimnya saat di Suzuki. Aleix meyakinkan Vinales yang saat itu sedang bermasalah dengan Yamaha.

Aleix akhirnya dapat juara di Argentina tahun 2022. Kemudian di Silverstone dan Catalunya di musim 2023.

Sampai saat itu, cuma Aleix yang meraih juara dengan motor Aprilia, sampai akhirnya di COTA, di mana Vinales jadi juaranya.

"Saya sangat senang untuk semua yang ada di Aprilia, begitu juga buat kemenangan perdana Vinales pakai Aprilia. Suasana di garasi sangat gila, karena memang motornya cepat di semua sirkuit," kata Aleix.

Vinales juga berterimakasih kepada Aleix karena pernah mendorong dan meyakinkannya untuk ikut mengembangkan Aprilia RS-GP.

"Vinales di Aprilia karena saya paksa dia buat masuk. Saya meyakinkannya. Saya juga merasa kalau itu bukan proyek Aprilia, tapi proyek saya, jadi itu motor saya," kata Aleix.

Jadi melihat pebalap lain yang menang pakai motor yang dikembangkan Aleix dari awal masuk sangat membuatnya senang. Bahkan dia juga bangga dengan hasilnya Vinales.

Kalau melihat perkembangan Aprilia memang sangat terasa signifikan sejak 2021 sampai sekarang. Sebelumnya motor tersebut jarang dapat podium, apalagi bisa juara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com