Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan AC yang Mudah biar Nyaman Dipakai Libur Lebaran

Kompas.com - 10/04/2024, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki suasana libur Lebaran, mobil kerap jadi andalan buat pergi bersilaturahmi atau berpergian. Maka, komponen AC sebisa mungkin harus prima biar kondisi kendaraan tidak mengganggu saat digunakan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan agar AC mobil bekerja dengan baik.

"Untuk bagian kabin, bisa dilakukan pembersihan atau penggantian filter kabin secara berkala. Sedangkan untuk bagian mesin, bisa melakukan pembersihan komponen penting AC seperti kondensor, kompresor, dan lainnya," kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Bolehkah Hidupkan AC Mobil Saat RPM Mesin Tinggi?

Filter kabin atau AC pada mobilDenso Filter kabin atau AC pada mobil

Misal mobil setelah digunakan mudik, maka cek dulu kondisi filter kabin. Kalau misalnya kotor, bisa dibersihkan pakai angin bertekanan. Kalau misalnya tidak bersih, bisa diganti dengan yang baru, cari di bengkel terdekat.

Kondisi kabin yang bersih akan membuat sirkulasi udara menjadi baik. Kemudian, pemilik kendaraan harus memperhatikan kebersihan kabin dengan tidak membuka kaca jendela terlalu lebar.

Baca juga: PO Primajasa Luncurkan Trayek Baru, Depok - Cikijing


Jangan coba untuk merokok di dalam kendaraan dengan kondisi AC menyala. Hal tersebut membuat udara tidak bersih dan bisa mengganggu penumpang lain.

Paling tepat lagi untuk menyempatkan servis AC secara rutin. Merawat AC yang ringan ini termasuk dengan membersihkan filter, evaporator, dan kompresor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com