Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Kondisi Pendinginan Mesin Mobil Biar AC Juga Dingin

Kompas.com - 30/03/2024, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - AC merupakan komponen penting yang menunjang kenyamanan selama perjalanan pakai mobil. Apalagi sebentar lagi mudik, kondisi AC harus prima biar tidak rusak di tengah jalan.

Selain memeriksa komponen AC, ternyata kondisi pendinginan mesin pun harus juga diperhatikan. Ketika pendinginan mesin tidak prima, bisa berpengaruh ke AC, jadi bisa mati dan tidak berfungsi.

M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99 di Depok, Jawa Barat, mengatakan, kondisi pendinginan mesin berpengaruh langsung terhadap kinerja AC.

Baca juga: Servis AC Mobil Sebelum Mudik biar Nyaman di Jalan

Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.KOMPAS.com/Gilang Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.

"Kalau temperatur mesin tidak bagus, cenderung menuju overheat, bisa membuat AC di-cut off (dimatikan). Itu dilakukan untuk menghindari beban berlebih (di mesin)," ucap Gunawan kepada Kompas.com belum lama ini.

AC biasanya terhubung ke mesin pakai sabuk atau belt. Kalau memang mesin akan overheat, maka otak dari mobil memilih untuk memutus AC, biar mengurangi kinerja mesin.

Baca juga: Kasus Penculikan Penumpang Grab Car, Ini Tips Aman Naik Taksi Online


"Jadi pendinginan mesin tidak kalah penting dalam mendukung kinerja AC mobil sendiri," ucap Gunawan.

Pastikan mengecek kondisi kipas radiator, sirkulasi pendinginan mesin biar maksimal. Idealnya, sebelum ke bengkel AC, bisa juga mobil dibawa ke bengkel mesin untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com