Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Dipakai Mudik Perjalanan Jauh, Ini Masalah yang Sering Terjadi

Kompas.com - 05/04/2024, 17:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Momentum mudik Lebaran jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Supaya perjalanan aman dan nyaman, pemilik mobil harus melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh.

Kalau tak sempat menyambangi bengkel resmi, tersedia posko siaga buat beberapa merek di lokasi strategis.

Adam Rahman, Group Head of After Sales & CS Operation PR PT MMKSI, mengatakan, “Mitsubishi Motors Adventure Points” siap menerima beragam keluhan konsumen selama perjalanan mudik.

Baca juga: Viral Video Mobil Tercebur ke Sungai, Akibat Ikuti Google Maps

Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmiKOMPAS.com/daafa Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmi

Menurutnya, terdapat beberapa masalah teknis yang sering terjadi pada mobil-mobil pemudik. Hal ini berdasarkan data posko siaga Mitsubishi yang rutin digelar hampir tiap tahun.

“Kebanyakan kalau lihat dari data masalah pengereman dan mesin panas atau temperatur naik,” ujar Adam di Karawang (4/4/2024).

Apabila mobil konsumen mengalami sistem pengereman, maka teknisi akan memeriksa bagian kampas hingga piringan rem.

Baca juga: Kenali 3 Tipe Rest Area di Tol Trans-Jawa, Jangan Salah Masuk

Selain memeriksa ketebalan komponen tersebut, dilakukan juga pembersihan dari debu. Tujuannya agar rem berada dalam kondisi terbaiknya untuk mengurangi laju kendaraan.

Adapun untuk masalah temperatur naik, yang akan dilakukan adalan menambah cairan radiator sekaligus memeriksa komponen pendinginan mesin.

Adam juga mengatakan, konsumen di posko siaga Mitsubishi menyukai layanan servis dan perbaikan ringan.

Baca juga: Pemudik yang Melanggar Ganjil Genap di Tol Dilarang Putar Balik

Pada tahun ini, PT MMKSI menyediakan 7 titik ?Mitsubishi Motors Adventure Points?, yang tersebar di berbagai lokasi rute strategis di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera selama periode 4-15 April 2024. KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pada tahun ini, PT MMKSI menyediakan 7 titik ?Mitsubishi Motors Adventure Points?, yang tersebar di berbagai lokasi rute strategis di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera selama periode 4-15 April 2024.

“Ini bisa jadi favorit mereka, karena mereka tidak sempat melakukan perbaikan di diler. Program servis ringan yang sangat tepat di mereka,” ucap Adam.

“Program itu bisa dilakukan kurang dari sejam, mereka sangat puas karena bisa beristirahat sekaligus mendapatkan perawatan mobil yang mereka harapkan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com