Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Honda Beat Mengebul Waktu Menanjak, Ini Dugaan Penyebabnya

Kompas.com - 04/04/2024, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang momentum Lebaran, pemilik motor diimbau untuk tidak lupa melakukan servis dan perawatan berkala. Tujuannya agar motor tetap sehat dan optimal saat dipakai silaturahmi atau berlibur pada momen hari raya.

Jangan sampai motor mengalami masalah, bahkan hingga keluar asap alias ngebul yang tidak lazim. Pasalnya asap yang keluar bukan dari knalpot, melainkan dari area CVT yang notabene bukan ruang pembakaran.

Dilansir dari Instagram @info_jabodetabek (3/4/2024), terlihat Honda Beat yang dipakai bonceng tiga terlihat berasap ketika sedang menanjak.

Baca juga: VCR Jadi Alasan Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jabodetabek (@info_jabodetabek)

“Jangan lupa cek kondisi kendaraan Anda saat ingin bepergian jauh. Pastikan kondisi kesehatan prima,” tulis keterangan video Instagram tersebut.

Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, menduga, ada beberapa sebab mengapa Honda Beat bisa keluar asap dari area CVT.

“Dengan kondisi jalan tanjakan, kemudian beban yang dibawa juga full 3 penumpang, ditambah muatan karung yang enggak tahu itu isinya apa, cuma anggap saja sudah overload ya,” ujar Reza kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Honda Vario 125 Punya Warna Baru, Harga Naik Rp 200.000

“Kemungkinan asap putih itu keluar di bagian kopling dan belt. Namun, ini baru berdasarkan perkiraan ya, untuk lebih pastinya perlu diperiksa bagian CVT-nya,” kata dia.

Reza menjelaskan, apabila asap benar berasal dari bagian kopling, artinya terjadi selip kopling yang berlebih.

“Maka akan timbul panas akibat gesekan antara kampas kopling matik dengan rumah kopling,” ucap Reza.

Adapun bila asap berasal dari belt, maka telah terjadi selip atau rambatan panas dari kopling matik. Akibatnya belt yang terbuat dari karet menjadi panas sehingga mengeluarkan asap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com