Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Honda Beat Mengebul Waktu Menanjak, Ini Dugaan Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang momentum Lebaran, pemilik motor diimbau untuk tidak lupa melakukan servis dan perawatan berkala. Tujuannya agar motor tetap sehat dan optimal saat dipakai silaturahmi atau berlibur pada momen hari raya.

Jangan sampai motor mengalami masalah, bahkan hingga keluar asap alias ngebul yang tidak lazim. Pasalnya asap yang keluar bukan dari knalpot, melainkan dari area CVT yang notabene bukan ruang pembakaran.

Dilansir dari Instagram @info_jabodetabek (3/4/2024), terlihat Honda Beat yang dipakai bonceng tiga terlihat berasap ketika sedang menanjak.

Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, menduga, ada beberapa sebab mengapa Honda Beat bisa keluar asap dari area CVT.

“Dengan kondisi jalan tanjakan, kemudian beban yang dibawa juga full 3 penumpang, ditambah muatan karung yang enggak tahu itu isinya apa, cuma anggap saja sudah overload ya,” ujar Reza kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

“Kemungkinan asap putih itu keluar di bagian kopling dan belt. Namun, ini baru berdasarkan perkiraan ya, untuk lebih pastinya perlu diperiksa bagian CVT-nya,” kata dia.

Reza menjelaskan, apabila asap benar berasal dari bagian kopling, artinya terjadi selip kopling yang berlebih.

“Maka akan timbul panas akibat gesekan antara kampas kopling matik dengan rumah kopling,” ucap Reza.

Adapun bila asap berasal dari belt, maka telah terjadi selip atau rambatan panas dari kopling matik. Akibatnya belt yang terbuat dari karet menjadi panas sehingga mengeluarkan asap.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/04/070200115/video-honda-beat-mengebul-waktu-menanjak-ini-dugaan-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke