Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Puncak Arus Mudik Diprediksi Musim Hujan, Begini Cara Antisipasi Aquaplaning

Kompas.com - 03/04/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi pada masa mudik Lebaran 2024, tepatnya pada 5-11 April 2024 mendatang.

"Cuaca ekstrem diprediksi terjadi pada 5 sampai 11 (April) itu masih hujan sedang hingga lebat ya," kata Deputi BMKG Guswanto di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Dengan demikian, pemudik perlu mewaspadai fenomena aquaplaning yakni kondisi ban tidak menapak dengan permukaan jalan akibat adanya gaya dorong ke atas oleh air saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Bikin Rawan Aquaplaning, BPJT Imbau Pemudik Cek Kelaikan Ban Kendaraan

Kecelakaan karena aquaplaningTangkapan layar Kecelakaan karena aquaplaning

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan pemudik perlu waspada ketika perjalanan mudik dalam kondisi hujan karena rawan terjadi aquaplaning.

“Pertama pastikan ketebalan tapak ban masih di atas tread wear indicator (TWI) agar ban dapat memecah genangan air dengan lebih baik,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

Zulpata juga mengatakan tekanan udara ban perlu disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan mobil berdasarkan kondisi muatan.

Baca juga: Batas Kecepatan yang Aman agar Mobil Terhindar Aquaplaning


“Makin kurang tekanan udara pada ban maka makin mudah terjadi gejala aquaplaning, ini kami buktikan di lapangan test GT Radial,” ucap Zulpata.

Zulpata juga mengimbau agar pemudik tidak mengabaikan batas muatan yang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil. Jangan pernah memaksakan mobil memuat barang melebihi batas kemampuannya.

“Ikuti peraturan pemerintah tentang kecepatan kendaraan sesuai medan jalan, karena saat melibas genangan cara paling aman adalah dengan mengurangi kecepatan.

“Berdasarkan study di GT Radial, makin cepat kendaraan melibas genangan, makin gampang terjadi aquaplaning,” ucap Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com