Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batas Kecepatan yang Aman agar Mobil Terhindar Aquaplaning

Kompas.com - 06/02/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Selama musim hujan ini banyak terjadi kecelakaan di jalan tol. Salah satu faktor penyebabnya adalah aquaplaning, yakni kondisi ban tidak menapak aspal karena adanya genangan air.

Pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka tapak ban bisa melayang akibat gaya ke atas dari air yang menggenangi permukaan aspal. Akibatnya, mobil kehilangan kendali dan terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, saat kondisi jalan basah pengemudi mobil perlu menyesuaikan cara berkendara dengan membatasi laju mobil.

Baca juga: Video Honda Civic Nyaris Kena Aquaplaning, Akibat Digeber 140 Kpj Saat Hujan


Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menjelaskan, kecepatan berkendara memang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan aquaplaning.

Aquaplaning itu penyebabnya karena faktor kecepatan pengemudi, kualitas ban, dan kondisi jalan. Ketiga faktor ini akan sangat mempengaruhi satu sama lain,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agar terhindar dari bahaya aquaplaning, Sony mengimbau semua pengemudi untuk menjaga batas kecepatan ketika kondisi hujan atau jalanan basah, setidaknya di angka 40 kpj sampai 50 kpj.

Baca juga: Viral, Video Seberapa Bahaya Mobil Saat Aquaplaning

Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tolFlickr/MichaelC Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tol

“Saat kecepatan mobil rendah, hampir tidak mungkin bakal terkena aquaplaning. Soalnya ban masih punya peluang untuk memecah genangan air dan menapak di aspal,” kata Sony.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan, fenomena aquaplaning pada mobil bisa melihat peristiwa batu tipis yang dilempar ke sungai, melayang karena kecepatan tinggi.

“Ketinggian roda melayang saat mengalami aquaplaning bervariasi tergantung dari seberapa cepat kendaraan tersebut melaju. Bisa saja satu cm, atau kurang. Tergantung dengan kecepatan kendaraannya,” ucap Jusri, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Fortuner Gus Aab Kecelakaan di Tol Ngawi Saat Hendak Hadiri Harlah NU, Polisi Duga Alami Aquaplaning

Kecelakaan karena aquaplaningTangkapan layar Kecelakaan karena aquaplaning

Jusri melanjutkan, langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan kecepatan saat akan melalui jalan yang basah. Jika sudah terlanjur mengalami aquaplaning, pengemudi tidak boleh panik apalagi mengerem kendaraan secara mendadak.

“Jangan panik, jangan ngerem, jangan ngegas. Tahan saja. Nanti begitu ban itu melewati genangan air, dia kan kembali ke permukaan,” kata Jusri.

Mengerem kendaraan secara tiba-tiba justru dapat memperparah aquaplaning, dan membuat kendaraan menjadi semakin sulit untuk dikendalikan. Untuk itu, Jusri menyarankan pengemudi untuk tetap tenang.

Baca juga: Waspada, Aquaplaning Juga Incar Pengendara Truk

Mobil honda civic nyaris terkena aquaplaningTangkapan layar instagram Mobil honda civic nyaris terkena aquaplaning

“Segala upaya-upaya yang dilakukan sebelumnya oleh orang-orang, yang tidak tahu, ngerem dan lain-lain, hanya akan memperparah kondisi aquaplaning,” ucap Jusri.

Maka dari itu, keputusan paling bijak adalah membatasi kecepatan laju mobil saat kondisi jalan basah terlebih lagi hujan turun cukup lebat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com