Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Begini Cara Mobil Penggerak Roda Depan Bisa Kuat Nanjak |Popularitas Toyota Vios di Bursa Mobil Bekas

Kompas.com - 01/04/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA,  KOMPAS.com - Menjelang mudik Lebaran beberapa minggu lagi, pemudik yang menggunakan mobil pribadi harus siap dengan berbagai kondisi jalan, salah satunya tanjakan.

Terutama pengguna mobil dengan penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD), mereka harus berhati-hati dan perlu memastikan pengemudi memiliki kemampuan khusus supaya kendaraan kuat nanjak.

Selain itu, mobil bekas merupakan alternatif buat konsumen yang ingin mencari kendaraan harga terjangkau.

Buat pencari sedan entry level ada beberapa pilhan salah satunya Toyota Vios. Andi, pemilik showroom mobil bekas Jordy Motor di MGK Kemayoran, Jakarta, mengatakan, Vios memiliki penggemar tersendiri di bursa mobil bekas. Unitnya masih cukup banyak dicari oleh konsumen. 

Baca juga: PO SAN Rilis Bus Baru Pakai Sasis Scania

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 31 April 2024:

1. Begini Cara Mobil Penggerak Roda Depan Bisa Kuat Nanjak

Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.Foto: Tangkapan layar Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.

Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, mobil FWD rawan selip di tanjakan apalagi saat jalan licin, maka dari itu ada trik yang harus dilakukan agar kuat nanjak.

Baca juga: Begini Cara Mobil Penggerak Roda Depan Bisa Kuat Nanjak

2.. Popularitas Toyota Vios di Bursa Mobil Bekas

Modifikasi Toyota Vios Limo eks taksidok RC Vios Limo Modifikasi Toyota Vios Limo eks taksi

"Nah itu Vios ada pasarnya sendiri, Vios saya pernah megang dulu tapi sudah lama. Vios itu sebetulnya masih laku," kata Andi kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Andi mengatakan, Vios cukup digemari karena mobil ini punya citra yang baik di masyarakat, yaitu mobil "bandel" desain menarik, dan harganya kini termasuk terjangkau.

Baca juga: Popularitas Toyota Vios di Bursa Mobil Bekas

3. Getaran Mesin Sampai ke Kabin Mobil, Pertanda Komponen Ini Rusak

Ilustrasi panic attack saat berkendaraCalm Clinic Ilustrasi panic attack saat berkendara

Saat mesin internal combustion engine (ICE) bekerja akan selalu menghasilkan getaran dampak dari proses ledakan. Ledakan proses pembakaran akan terus terjadi selama mesin berputar sehingga akan menghasilkan getaran.

Maka dari itu tata letak mesin pada sebuah mobil membutuhkan teknologi khusus agar getaran mesin tidak sampai mengganggu pengendara.

Baca juga: Getaran Mesin Sampai ke Kabin Mobil, Pertanda Komponen Ini Rusak

4. Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Innova Zenix Hybrid

Toyota Innova Zenix Tipe VKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Innova Zenix Tipe V

Surabaya merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur yang diprediksi akan jadi tujuan utama para pemudik pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Saat ini pemudik yang akan pergi dari Jakarta dan sekitarnya menuju Surabaya dapat melewati Jalan Tol Trans-Jawa. Dengan adanya tol ini membuat jarak tempuh perjalanan jadi lebih singkat.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Innova Zenix Hybrid

5. PO Marus Luncurkan Sleeper Bus Karya New Armada

Bus baru PO Marusinstagram @newarmada.official Bus baru PO Marus

Perusahaan otobus (PO) Maju Terus atau yang populer dengan sebutan Marus nampaknya kian serius untuk memberikan layanan sleeper bus untuk trayek AKAP.

Usai pertengahan tahun lalu merilis sleeper bus dari Karoseri Laksana, tahun ini PO Marus merilis kendaraan barunya dari garasi Karoseri New Armada. Menggunakan bodi Skylander R22 Aero 8 SLR, bus ini tampil sporty dan mencolok menggunakan kelir yang cerah.

Baca juga: PO Marus Luncurkan Sleeper Bus Karya New Armada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com