Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Parkir Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

Kompas.com - 29/03/2024, 08:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Setelah sampai ditempat tujuan dan menemukan tempat yang aman dan sesuai untuk memarkirkan mobil, langkah selanjutnya adalah melakukan proses parkir.

Proses parkir melibatkan beberapa langkah tergantung dengan situasi dan jenis parkirnya, salah satunya seperti di jalan tanjakan atau turunan yang membutuhkan perhitungan agar tidak terjadi kecelakaan.

Ketika memarkirkan mobil terutama yang menggunakan transmisi matik di tanjakan dan turunan, tidak cukup hanya menggunakan gigi P.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, hanya menggunakan gigi P maka mekanisme pada transmisi matik akan berat untuk menahan gigi.

Baca juga: Usai Viral, Jalur Motor Lewat Trotoar di Dekat DPR Langsung Ditutup

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

“Transmisi matik ada mekanisme pengunci atau pawl lock yang mengunci gigi transmisi agar tidak berputar. Namun kalau hanya memanfaatkan pawl lock maka mekanisme akan berat menahan giginya. Sebaiknya dibantu dengan rem parkir,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, menggunakan gigi P pada saat parkir di tanjakan tidak berpengaruh terhadap mesin kendaraan. Hal ini karena mobil matik tidak menggunakan kopling melainkan torque converter.

Sementara, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, ketika parkir di tanjakan atau turunan perlu melakukan tindakan preventif.

Baca juga: Truk Listrik Fuso eCanter Bakal Fokus di Jabodetabek


“Pengemudi harus melakukan tindakan preventif kalau-kalau rem tangan gagal dan tidak bisa tahan mobil di tanjakan,” kata Roslianna kepada Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Roslianna mengatakan, ada dua cara yang bisa dilakukan dan disesuaikan ketika parkir mobil di tanjakan.

“Jalan yang ada trotoarnya belokan ban ke kanan. Agar bila rem tangan gagal, ban kanan depan tertahan,” kata Roslianna.

Sementara, jika jalan tidak ada trotoar, maka belokan ke kiri. Hal ini berguna jika rem tangan gagal mobil akan bergerak keluar jalan.

Kemudian, Roslianna mengatakan, untuk cara parkir di turunan baik jalan ada trotoar atau tidak ban perlu di belokan ke kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com