Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Beli Mobil Bekas Taksi Blue Bird Anti-Tipu

Kompas.com - 28/03/2024, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial kisah pasangan suami istri asal Cileungsi, Bogor, yang tertipu oleh penjual mobil bekas eks taksi bernama Deka Reset.

Kasus penipuan tersebut awalnya diungkapkan oleh sang istri bernama Fathin Aulia Sholehah melalui akun TikTok pribadinya bernama @fathinaulia_, hingga akhirnya viral di media sosial.

Baca juga: Tips Hindari Antrean Panjang Pengisian BBM Saat Perjalanan Mudik

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Fathin membenarkan bahwa dirinya menjadi korban penipuan pria bernama Deka yang merupakan pemilik dari Deka Reset, saat hendak membeli mobil eks taksi Toyota Vios gen 2 tahun 2012.

@fathinaulia_ Yang penasaran gimana kronologi nya, bisa tonton video dari @kompasotomotif ? suara asli - Fathin Aulia

Menanggapi ternyata banyak korban yang tertipu ketika ingin membeli mobil bekas eks taksi, Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan, khusus untuk mobil bekas Blue Bird konsumen bisa mendatangi Mobil Go.

"Pastikan buat calon konsumen yang ingin membeli unit bekas taksi, hanya melakukan pembelian langsung dari Mobil Go (lini bisnis Bluebird)," ujar Adrianto kepada Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Sebelum Kecelakaan Beruntun, Truk ODOL Ternyata Tabrakan dengan Xpander

Mobil bekas eks taksi memang cukup populer di bursa mobil bekas karena harganya terjangkau. Namun konsumen mesti lebih teliti sebab kerap dijadikan alat penipuan dengan iming-iming harga murah.

Toyota Transmover yang dijadikan taksi Blue Birdwww.bluebirdgroup.com Toyota Transmover yang dijadikan taksi Blue Bird

Baca juga: Menteri Koperasi dan UKM Sentil Bengkel yang Suka Modifikasi Knalpot

Adrianto mengimbau salon konsumen yang tertarik membeli mobil bekas eks taksi jangan langsung tergur harga murah.

"Kami juga mengimbau agar transaksi hanya dilakukan melalui rekening Virtual Account yang sudah disediakan. Jangan tertipu dengan iming-iming harga murah yang tidak masuk akal sehingga bisa merugikan," ujarnya.

"Bluebird memberikan pelayanan dan unit terbaik untuk konsumen," kata Adrianto.

Sebagai perbandingan, korban Fathin membeli Vios gen 2 tahun 2012 dengan harga Rp 40 juta walau harga pasarannya Rp 55 juta - Rp 65 juta. Harga tersebut jauh di bawah harga All New Limo tahun 2015–2016 milik Blue Bird seharga Rp 70 jutaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com