Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Infra Siapkan Diskon Tarif Tol di Cipali dan Tangerang-Merak

Kompas.com - 25/03/2024, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra, anak usaha PT Astra International Tbk yang bergerak pada sektor infrastruktur berencana memberikan diskon tarif pada sejumlah ruas yang berada di bawah kelolaannya saat mudik Lebaran 2024.

Hal tersebut sebagai upaya perusahaan dalam mengurangi kepadatan atas potensi lonjakkan arus mudik dan balik selama momen tahunan itu.

“Harapannya, inisiatif yang kami lakukan bisa memberikan dampak bagi kelancaran mudik lebaran tahun ini," kata Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar dalam keterangannya, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Antisipasi Korlantas Polri Menjelang Masa Mudik Lebaran 2024

Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tersendat di Kilometer 188 - 189 perbatasan tol Cipali ke Pallikanci, pada Rabu (28/6/2023). Antrean ini disebabkan karena tiga buah unit kendaraan pribadi mengalami tabrakan beruntun. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tersendat di Kilometer 188 - 189 perbatasan tol Cipali ke Pallikanci, pada Rabu (28/6/2023). Antrean ini disebabkan karena tiga buah unit kendaraan pribadi mengalami tabrakan beruntun. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Astra Infra tengah fokus berkoordinasi di internal dan dengan stakeholders terkait untuk mempersiapkan perjalanan arus mudik yang lancar, aman, dan nyaman.

Terkait detil besaran serta periode diskon, perusahaan saat ini sedang melakukan evaluasi dan diskusi dengan pihak-pihak terkait agar tujuan mengurai kepadatan arus tersebut dapat tercapai secara optimal.

Adapun ruas tol yang dikuasai oleh Astra, sedikitnya ada enam, yaitu Tol Tangerang-Merak, Tol Jombang Mojokerto, Tol Kunciran-Serpong, Tol Semarang-Solo, Tol Serpong-Balaraja, dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Selain itu, mengantisipasi kepadatan menuju Pelabuhan Merak, telah disiapkan peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Perbaiki Sistem Pencahayaan Sebelum Mudik

Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

Khusus mengantisipasi kepadatan di Tol Cikopo - Palimanan, telah disiapkan mekanisme rekayasa lalu lintas, bekerjasama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat.

"Selain itu, untuk mengurai kepadatan di gerbang tol, telah disiapkan juga mobile reader di ruas Jombang-Mojokerto," ujar Billy.

"Kalau rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com