Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Bekas Jadi Favorit Jelang Mudik Lebaran, Harga Rp 90 Jutaan

Kompas.com - 24/03/2024, 07:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati pekan-pekan akhir Ramadhan dan awal aktivitas mudik lebaran, geliat konsumen pencari mobil bekas mulai meningkat di bursa otomotif. Umumnya, segmen low multi purpose vehicle (LMPV) jadi model yang banyak diburu.

Berdasarkan keterangan beberapa pedagang mobil bekas di area Jakarta dan Tangerang, Toyota Avanza generasi kedua adalah LMPV terlaris dan paling digandrungi konsumen.

Pedagang mobil bekas juga mengaku sudah bisa memprediksi sejak jauh-jauh hari. Mobil lansiran 2011 - 2019 ini memang selalu ramai dicari jelang akhir Ramadhan.

Fathur Robbani, Penanggung Jawab Diler Mobil Bekas Aldebaraan Mobilindo BSD menjelaskan, banderol Avanza bekas terbilang murah. Ini merupakan salah satu alasan yang mendongkrak popularitasnya di mata konsumen.

Baca juga: 2 Pekan Jelang Lebaran, Penjualan Mobil Bekas Diklaim Belum Meningkat

mobil bekas di segmen MPVKompas.com/Nanda mobil bekas di segmen MPV

Rentang harga per-unitnya cukup beragam tergantung kondisi, dimulai dari kisaran Rp 90 jutaan dan biasanya tidak pernah lebih dari Rp 120 juta.

“Harganya enggak pernah di atas Rp 120 juta, biasanya di kisaran Rp 100 juta, kadang-kadang ada yang Rp 90 juta kalau (transmisinya) manual. Ini yang banyak diincar,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (22/3/2024).

Alfian, Manager Showroom Empire Auto Mangga Dua Square mengatakan, alasan lain yang mendongkrak popularitas Avanza bekas adalah perawatannya mudah dan biayanya cukup murah.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Portugal 2024, Bagnaia Masih di Puncak

Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran Mobil88 Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran

Sebagai pedagang yang rutin melakukan inspeksi dan peremajaan, Alfian mengaku tidak kesulitan saat meremajakan Avanza bekas supaya konsumen bisa lebih terpincut.

“Istilahnya kalau di kalangan pedagang, Avanza ini sebutannya ‘mbrb’ alias mobil bekas rasa baru. Jual ke konsumen enggak pernah sulit,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com