Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPMRent Sediakan Mobil Rental Khusus Mudik, Ini Syaratnya

Kompas.com - 21/03/2024, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Lebaran, banyak warga yang melakukan tradisi mudik. Tak sedikit yang menggunakan mobil, baik pribadi atau menyewa. Salah satu perusahaan yang menyewakan kendaraan untuk mudik adalah MPMRent.

MPMRent, yang menjadi salah satu lini bisnis dari PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, menawarkan mobil penumpang bagi konsumen yang ingin melakukan mudik lebaran. Namun, kendaraan yang disediakan jumlahnya cukup terbatas dan ada persyaratan khusus.

Baca juga: MPM Rent Tambah Fitur Baru, Sewa Mobil Jadi Lebih Mudah

Rizki Aditiya Imanda, Head of Commercial MPMRent, mengatakan, untuk sewa perorangan, pihaknya juga menyediakan layanan untuk Business to Consumer (B2C). Meskipun, segmentasinya lebih banyak di Business to Business (B2B).

Tersedia ribuan sopir andal untuk melayani perjalanan AndaIST Tersedia ribuan sopir andal untuk melayani perjalanan Anda

"Tapi, lebih ke bisnis jangka pendek saja. Perorangannya pun bukan yang bebas, biasanya referensi dari konsumen B2B kita juga. Misalkan, kenalan dari konsumen atau karyawan perusahaan konsumen kita," ujar Rizki, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Rizki mengatakan, saat ini MPMRent masih belum terbuka menyewakan unitnya langsung ke konsumen umum. Menurutnya, salah satu alasan terbesarnya adalah melihat dari sisi keamanan.

Baca juga: MPMRent Lakukan Pelatihan Mekanik Bersama Daihatsu

"Untuk unit yang dikhususkan B2C, saat ini kita baru punya sekitar 20-an unit. Unit tersebut disediakan selama Ramadhan ini, memang dikhususkan untuk itu," kata Rizki.

“Biasanya kita memberikan waktu kepada mereka itu berkisar antara H-7 lebaran sampai H+7 lebaran, konsumen juga masih bisa menyewa ke kami. Tapi, kalau bukan rujukan dari konsumen B2B, harus didampingi dengan driver atau tidak lepas kunci,” ujarnya.

MPMRent Customer GatheringDOK. MPM MPMRent Customer Gathering

Rizki menambahkan, saat ini MPMRent lebih fokus untuk menggarap segmen B2B. Berbagai keuntungan yang diberikan kepada perusahaan yang menjadi konsumennya.

"Perusahaan yang mau sewa sudah terima beres. Beberapa konsumen yang multinasional juga sangat tergantung dari vendor-vendor yang bisa melayani secara nasional. Kita juga ada di seluruh kota di Indonesia," ujar Rizki.

Jasa sewa mobil di MPMRentMPMRent Jasa sewa mobil di MPMRent

Devi Clark Munthe, COO MPMRent, mengatakan, layanan purnajual juga menjadi salah satu yang ditawarkan. MPMRent selalu siap 24 jam, apa pun yang dibutuhkan oleh konsumennya di seluruh Indonesia.

"Sesederhana tinggal telepon saja ke call center kita. Ada masalah apa pun, seperti ganti ban sampai dengan bantuan untuk claim, sampai dengan masalah kecelakaan, kita siap bantu 24 jam," ujar Munthe.

MPMRent Customer GatheringDOK. MPM MPMRent Customer Gathering

Selama 2023, MPMRent mengalami peningkatan jumlah pelanggan baru sebesar 35 persen, peningkatan jumlah total armada sebesar 11,9 persen, dan peningkatan jumlah sopir sebesar 9,5 persen.

Diklaim ada 13.385 unit armada yang terutilisasi hingga Desember 2023. Tahun ini, rencananya MPMRent akan memperkuat dan memperbesar jaringannya dengan menambah kantor cabang di Balikpapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com