Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Seru, Perang Harga Mobil Listrik China

Kompas.com - 21/03/2024, 13:34 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak 2017 pabrikan asal China mulai ekspansi ke Indonesia. Diawali dengan Wuling dan DFSK, saat ini sudah ada sejumlah mobil China yang terjun meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Kehadiran mobil China di Indonesia mau tidak mau mendobrak pasar mobil yang selama ini dikuasai pabrikan Jepang. Perang harga terjadi di mana mobil China dibanderol lebih murah dari mobil Jepang dan Korea Selatan, apalagi dari Amerika Serikat dan Eropa.

Baca juga: Makan Korban Jiwa, Kemenhub Larang Operator Bus Pasang Klakson Telolet

Pada 2022, Wuling resmi melansir mobil listrik mungil Wuling Air EV di Indonesia. Kehadiran Air EV bersama Hyundai Ioniq 5 mengubah peta persaingan mobil di Indonesia yang kini jadi dua garis besar, yaitu mobil konvensional dan mobil listrik.

 

MG4 EV buatan lokal di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI MG4 EV buatan lokal di IIMS 2024

Diakui atau tidak kehadiran Air EV turut menggerakkan penetrasi mobil listrik di kalangan pabrikan China. DFSK meluncurkan minivan listrik Gelora E, dan setelah itu melahirkan merek khusus mobil listrik bernama Seres.

Merek asal Inggris yang dikuasai konglomerasi China, MG Motor, juga ikut menelurkan mobil listrik yaitu MG4 EV dan ZS EV. Kemudian di waktu relatif dekat, Chery juga meluncurkan mobil listrik Omoda E5.

Meski saat ini pasar mobil listrik masih kecil, geliat pabrikan China di segmen battery electric vehicle (BEV) turut merangsang sejumlah pabrikan lain masuk ke Indonesia.

Baca juga: Jelang Mudik, Ford Kasih Promo Servis

Pada 2023, tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023 masuk sejumlah merek mobil listrik asal China, salah satunya yaitu Neta yang menghadirkan Neta V untuk pasar Indonesia.

 

Usai menjajal singkat Neta V di area test drive Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu, Kompas.com kini bekesempatan kencan lebih intim dengan Neta V.KOMPAS.com/Adityo Wisnu Usai menjajal singkat Neta V di area test drive Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu, Kompas.com kini bekesempatan kencan lebih intim dengan Neta V.

Selain Neta, di pameran tersebut hadir merek baru yaitu Maxus di bawah Indomobil Grup dan Great Wall Motor (GWM) yang punya tiga merek yakni Haval, Tank dan Ora. Namun dari tiga merek di bawah GWM baru Ora yang main di segmen mobil listrik.

Berlanjut di awal 2024 raksasa mobil listrik asal China, yaitu Build Your Dreams (BYD) resmi jualan di Indonesia. Tak tanggung BYD melansir tiga model andalannya yaitu BYD Atto 3, Dolphin dan Seal.

Awal mula

Untuk menarik simpati konsumen, perang harga kemudian terjadi di segmen mobil listrik antar pemain China. Gelagat adu murah harga jual ini dimulai dari persaingan Wuling dan Seres di GIIAS 2023.

Baca juga: Quartararo Protes Soal Motor, Ini Jawaban Tegas Yamaha

 

Mobil listrik murah DFSK Seres E1 resmi diproduksi lokaldok.DFSK Mobil listrik murah DFSK Seres E1 resmi diproduksi lokal

Saat itu Wuling meluncurkan Wuling Air EV Lite yang merupakan varian paling rendah Air EV. Mobil dibanderol Rp 206 juta tapi karena ada insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 11 persen jadi 1 persen, mobil bisa dijual seharga Rp 188,9 juta.

Di atas kertas harga Air EV Lite jadi lebih murah Rp 100.000 ketimbang versi termurah Seres E1 yang meluncur beberapa hari sebelumnya.

Untuk diketahui, Seres E1 punya dua varian yaitu E1 Type B seharga Rp 189 juta dan Seres E1 Type L Rp 219 juta on the road DKI Jakarta.

Direktur Merek dan Pemasaran Wuling Motors, Dian Asmahani menampik dikatakan perang harga, menurutnya Wuling ingin menghadirkan produk yang mudah dijangkau dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com