Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda dan Nissan Bersatu Bikin Mobil Listrik Murah

Kompas.com - 15/03/2024, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen mobil listrik murah saat ini banyak diisi oleh pabrikan China. Segmen ini dinilai cukup menjanjikan hingga Honda dan Nissan dikabarkan akan bekerja sama untuk membuat mobil listrik murah.

Untuk pasar Indonesia, khususnya, segmen mobil listrik murah diisi oleh Wuling dengan Air ev Lite dan Seres dengan E1. Kedua mobil listrik tersebut dibanderol di bawah Rp 200 juta, sudah termasuk insentif dari pemerintah.

Baca juga: MG Mau Bersaing di Segmen Mobil Listrik Murah

Dikutip dari Asia.nikkei.com, Jumat (15/3/2024), Nissan dilaporkan ingin merancang dan mengembangkan platform EV bersama dengan rekan di Jepang. Sumber-sumber mengindikasikan bahwa ide tersebut masih dalam tahap awal di Nissan, dan belum ada kabar mengenai posisi Honda.

Test drive mobil listrik Honda e di jalan rayaKompas.com/Adityo Test drive mobil listrik Honda e di jalan raya

Jika kedua produsen mobil ini mencapai kesepakatan, maka Honda dan Nissan dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan seluruh kendaraan dan bergabung untuk pengadaan baterai.

Mengembangkan mobil listrik, terutama model entry-level dengan harga yang menarik merupakan tantangan besar bagi produsen mobil.

Baca juga: Honda Tempel Anak Muda untuk Studi EV, Mau Jual Mobil Listrik Murah?

Mobil listrik Nissan Leaf bisa dicas dari rumah Kompas.com/Donny Mobil listrik Nissan Leaf bisa dicas dari rumah

Alasan dari kolaborasi ini disebut-sebut untuk melawan dominasi pabrikan China. Bahkan, beberapa produsen mobil dari Eropa pun mengakui kesulitan untuk bersaing dengan pabrikan China, karena bisa menyediakan mobil listrik dengan harga terjangkau tapi tetap bisa meraih untung.

Maka itu, kolaborasi diyakini jadi salah satu solusinya. Honda sudah melakukannya dengan General Motors dan Sony. Selain itu, Nissan juga sebelumnya berkolaborasi dengan Mitsubishi dan Renault.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com