Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Mobil Listrik Murah Berhasil, Wuling Air ev Lite Diklaim Laris

Kompas.com - 19/12/2023, 15:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors menawarkan Air ev Lite dengan spesifikasi yang sederhana. Meski demikian, mobil listrik tersebut cukup laris di pasar.

Air ev Lite pertama kali diperkenalkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang digelar Agustus lalu. Mobil listrik ini mendapatkan respons yang positif dari masyarakat.

Baca juga: Ada Air ev Lite, Ini Pilihan Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk wholesales, pada Agustus 2023, Air ev Lite terjual sebanyak 100 unit. Lalu, pada September 2023, bertambah 150 unit.

Wuling Air ev Lite yag dipamerkan saat ajang GIIAS 2023 Semarang.KOMPAS.com/TITIS ANIS FAUZIYAH Wuling Air ev Lite yag dipamerkan saat ajang GIIAS 2023 Semarang.

Pada Oktober 2023, penjualan Air ev Lite kembali mendapatkan peningkatan, yakni 256 unit. Lalu, di November 2023, terus meningkat dan terjual sebanyak 387 unit.

Sehingga, total penjualannya sudah mencapai 893 unit, hanya dalam waktu empat bulan. Penjualannya bahkan mengalahkan Air ev Standard Range yang total penjualannya selama Januari hingga November hanya 675 unit.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Wuling Air ev Lite Jadi Ancaman LCGC?

Dian Asmahani, Direktur Merek dan Pemasaran Wuling Motors, mengatakan, Air ev Lite peningkatannya semakin lama semakin tinggi.

Tampilan interior Wuling Air ev Lite.dok. Wuling Tampilan interior Wuling Air ev Lite.

"Kita memang harus bisa mengejar untuk produksinya. Sebab, terbukti bahwa Air ev ini sebenarnya cukup fungsional untuk mobilitas sehari-hari," ujar Dian, kepada wartawan, saat pengumuman harga Binguo EV, belum lama ini.

"Komposisi Air ev Lite saat ini sekitar 20 persen dari seluruh penjualan Air ev. Memang kebanyakan untuk Air ev adalah mobil kedua atau mobil ketiga untuk operasional sehari-hari," kata Dian.

[Ki-Ka] Sales Director Wuling Motors Michael Budihardja dan Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani dalam Peluncuran Air ev Lite di GIIAS 2023. Wuling [Ki-Ka] Sales Director Wuling Motors Michael Budihardja dan Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani dalam Peluncuran Air ev Lite di GIIAS 2023.

Air ev Lite mengalami beberapa pengurangan fitur dari Air ev, seperti tidak adanya kamera mundur, tidak ada fitur perintah suara, rem tangan konvensional, lampu depan halogen, dan lainnya.

Baterainya berkapasitas 18 kWh dan diklaim dapat menempuh jarak sekitar 200 km. Untuk harganya, mobil listrik ini dibanderol Rp Rp 206 juta (OTR Jakarta). Namun, dengan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 1 persen dari pemerintah, konsumen dapat membawa pulang mobil ini dengan harga Rp 188,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com