Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Murah DFSK Seres E1 Mulai Produksi di Indonesia

Kompas.com - 15/12/2023, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile (DFSK) resmi mulai memproduksi mobil listrik perdana, Seres E1 di Cikande, Serang, Banten, akhir 2023.

Langkah tersebut sekaligus menandakan komitmen perusahaan dalam upaya menghadirkan kendaraan yang stylish, modern, sekaligus punya harga terjangkau dengan memperhatikan konsep lokalisasi yang kuat.

Alhasil, mulai tahun depan Wuling Air ev yang menjadi pionir mobil listrik mungil di Indonesia dengan harga terjangkau mendapat tantangan serius. Apalagi Seres E1 akan dijual mulai Rp 189 jutaan (on the road DKI Jakarta).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Motor Melibas Banjir Bisa Bikin Aki Korslet?

Mobil listrik murah DFSK Seres E1 resmi dirakit lokaldok.DFSK Mobil listrik murah DFSK Seres E1 resmi dirakit lokal

Dalam keterangannya, Marketing Head Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi menyebutkan, produksi Seres E1 menjadi pertanda investasi yang ditanamkan oleh perusahaan sejak beberapa tahun belakangan mulai membuahkan hasil.

“Kami merasa bangga bisa memulai perakitan Seres E1 di Indonesia, sehingga konsumen bisa dengan segera memiliki kendaraan listrik impiannya ini di garasinya segera," katanya, Kamis (14/12/2023).

"Perakitan di dalam negeri yang dilakukan ini juga membantu konsumen dalam mendapatkan kendaraan listrik yang terjangkau dan bisa mendukung mobilitas yang berkelanjutan di Indonesia," lanjut Rofiqi.

Adapun Seres E1 akan menjadi model kendaraan listrik kedua yang dirakit di pabrik Cikande dengan memanfaatkan teknologi modern berbasis industri 4.0 dan sumber daya manusia (SDM) yang sudah terstandarisasi tinggi.

Baca juga: Inden Toyota Alphard dan Land Cruiser 300 Mengular di Indonesia

Mobil listrik murah DFSK Seres E1 resmi diproduksi lokaldok.DFSK Mobil listrik murah DFSK Seres E1 resmi diproduksi lokal

Teknologi robotik yang diusung pabrik DFSK sudah mencapai 90 persen untuk proses produksi guna memaksimalkan kualitas pengerjaan SDM dalam menghasilkan kendaraan listrik.

Seres E1 sendiri dalam klaimnya disebutkan mampu menempuh jarak 220 km dalam satu kali pengisian penuh. Menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate torsi mobil mencapai 100 Nm.

Soal fitur keamanan sudah tersedia di Seres E1, mulai dari Anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Hold Control, kamera parkir, cruise control, dan mode berkendara.

Khusus untuk Seres E1 Type L terdapat juga Electronic Stability Control dan Electronic Parking Brake with Auto Hold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com