Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler Perkenalkan Truk Actros dan Axor Baru buat Tambang

Kompas.com - 13/09/2023, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) sebagai distributor kendaraan niaga bus dan truk Mercedes-Benz di Indonesia membawa dua model truk baru dalam pameran kendaraan berat Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2023.

Dua unit truk tambang baru yang diperkenalkan oleh DCVI adalah Tractor Head Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4 dan Mercedes-Benz Axor 2528R 6x4 dengan wheelbase 5700mm. 

Naeem Hassim, Presiden Direktur PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia mengatakan, ini merupakan saat yang tempat mengambil langkah dalam mewujudkan sektor kendaraan tambang yang berkelanjutan di Indonesia. 

"Dengan teknologi dan pelayanan yang lebih baik untuk generasi masa depan yang lebih baik. Produk yang lebih tangguh (Tougher), lebih berani (Bolder), dan lebih kokoh (Stronger), kami siap mendukung industri pertambangan Indonesia,” kata Naeem di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Naeem yakin bahwa kedua jenis truk tersebut juga akan menjadi aset berharga untuk mendukung kegiatan operasional dari jasa pertambangan, konstruksi maupun distribusi jarak jauh dan berat di seluruh Indonesia.

Baca juga: Sudah Ada 8 Bengkel Konversi Motor Listrik Bersertifikat

Faustina, Kepala produk dan pemasaran DCVI menjelaskan, seri terbaru Mercedes-Benz Actros yakni 4063S mengalami peningkatan daya kuda 625HP. Unit baru ini menjawab kebutuhan jasa pertambangan untuk truk yang efisien dan mempunyai torsi memadai.

"Dilengkapi dengan mesin OM 473 dengan 15,6L engine displacement, torsi puncak 2.800 - 3.000 Nm dan transmisi powershift advance dan turbo clutch yang mengurangi potensi selip di kopling ketika membawa muatan maksimum," kata Faustina di acara yang sama. 

Pembukaan booth DCVI di IEE Series 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Pembukaan booth DCVI di IEE Series 2023

Baca juga: Keunggulan Tambal Ban Model Payung ketimbang Tusuk Cacing

Sebagai informasi, turbo clutch yang dikombinasi dengan retarder ini merupakan fitur baru. Fitur tersevut  berfungsi untuk menahan kecepatan truk ketika menghadapi jalan menurun sembari membawa muatan maksimum. 

"Sedangkan model Mercedes-Benz Axor 2528R akan sangat mumpuni sebagai supporting trucks dan pekerjaan konstruksi yang harus menggunakan drivetrain 6x4 dengan spacing load yang lebih luas," kata Faustina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com