Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Puji Acosta, tapi Kasih Saran buat Sang Rookie

Kompas.com - 11/03/2024, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


LOSAIL, KOMPAS.com - Seri pembuka MotoGP Qatar 2024 menjadi pertaruhan buat sejumlah nama, terutama para pebalap Ducati, sebut saja Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan juga Marc Marquez.

Penampilan impresif Bagnaia dan Martin memang sudah diperkirakan sebelumnya. Namun, keberhasilan Marquez yang baru pertama balapan full race menggunakan Desmosedici GP23 dan meraih posisi keempat patut diberi acungan jempol.

Baca juga: Ketahui Jenis Kerusakan pada Mobil Matik Model CVT

Meski demikian, dari tiga nama pebalap senior tersebut, ada satu yang menjadi bintang di MotoGP Qatar, yaitu pebalap GasGas Tech3, Pedro Acosta, yang berusaha memberikan perlawanan sengit pada Marquez.

Pedro Acosta Gasgas Tech3gasgas.com Pedro Acosta Gasgas Tech3

Di pertengahan balap, pebalap yang baru naik kelas dari Moto2 itu berhasil bersaing dengan grup depan lima pebalap dan membuntuti Marquez. Bahkan, setelah lima lap di belakang Marquez, dia berhasil menyodok ke posisi empat.

Usai balapan, Marquez memuji remaja asal Spanyol tersebut karena terus menyerang, meski pada akhirnya bannya ‘hancur’ dan akhirnya turun ke posisi kesembilan.

Baca juga: Ingat, Hari Ini dan Besok Ganjil Genap Ditiadakan

“Hari ini adalah waktunya mengatur ban dan jika seseorang tidak mengatur ban dan hanya menyerang maka mereka bisa kalah,” kata Marquez soal gaya balapan Acosta, dilansir dari Crash, Selasa (11/3/2024).

Namun, kata Marquez, memang itu yang perlu dilakukan Acosta, yaitu tampil penuh dan menyerang sehingga dia tahu batasan dirinya dan motornya.

Aksi pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, dalam rangkaian MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, 8 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)AFP/KARIM JAAFAR Aksi pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, dalam rangkaian MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, 8 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

“Saat dia menyalip saya, dia melaju dengan sangat baik. Dia mengesankan untuk seorang pemula, tapi tentu saja dia merusak ban menurutku," ujar Marquez.

Baca juga: Bagnaia Mengaku Mulai Waspada Marc Marquez Kembali Kompetitif

"Tetapi, itulah yang perlu dia lakukan, dia perlu mendorong dan mempelajari semua hal ini. Itu bagus," kata Baby Alien.

Meski tidak jadi finis di posisi lima besar keberhasilan, Acosta finis di posisi kesembilan pada balapan pertamanya yang merupakan hasil sangat baik. Terlihat saat balik ke paddock, dia disambut tepuk tangan meriah para kru tim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com