Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zero Motorcycles Bikin Paten Motor Listrik Pakai Kopling Manual

Kompas.com - 05/03/2024, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan motor listrik Zero Motorcycles membuat paten sistem kopling manual buat motor listrik. Katanya, fitur yang biasa dipakai di motor sport ini disematkan biar sensasi berkendara semakin seru.

Merek motor listrik asal Amerika Serikat ini menawarkan performa yang tinggi dari model yang ditawarkan. Torsi dan tenaga yang melimpah sudah menjadi ciri khasya, tapi sensasi berkendarra masih dirasa kurang, sehingga teknologi ini dikembangkan.

Dikutip dari Visordown, sistem kopling pada paten Zero Motorcycles ini dibuat layaknya  motor sport konvensional. Tapi pada paten Zero, motor listriknya tidak memakai transmisi, jadi status kopling bukan buat mengganti gigi.

Baca juga: Zero Motorcycles Belum Tertarik Kembali ke Pasar Retail

 

Sistem kopling manual di motor listrik Zero MotorcyclesVISORDOWN Sistem kopling manual di motor listrik Zero Motorcycles

Jadi sistem kopling tadi dibuat untuk mengendalikan torsi motor listrik di kecepatan rendah. Bahkan bisa dijadikan regenerative braking, memberi rasa-rasa engine brake.

Lebih rinci, kopling yang dipasang tadi memberi rasa pengendara melepas kopling di motor sport. Cuma bedanya, kopling yang ada di Zero lebih untuk mengendalikan saja, tidak ada transmisi, tidak perlu ganti gigi.

Baca juga: Alasan Motor Listrik Tidak Bisa Diangkut Saat Mudik Gratis 2024

 

Kemungkinan motor pertama dari Zero yang menggunakannya adalah SR/F, mengingat motor itu yang dipakai di gambar paten. Cuma bisa saja sistem ini dipasang ke SR/S yang sport tourer atau DSR/X yang tipenya adventure.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com