Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mazda CX-3 Baru Dapat Penyegaran di 2024

Kompas.com - 01/03/2024, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengumumkan peluncuran New Mazda CX-3 ke pasar otomotif Indonesia. Mobil segmen SUV ringkas andalan Mazda versi penyegaran tersebut resmi mermaikan pasar pada awal 2024. 

Adapan penyegaran yang dilakukan hanya berupa ubahan minor pada desain eksterior dan interior, serta penyempurnaan fitur-fitur.

Sama seperti model sebelumnya, New Mazda CX-3 ditawarkan dalam dua varian mesin yang berbeda yakni Sport 1.500 cc dan Pro 2.000 cc.

Baca juga: Hyundai Staria Hybrid Meluncur, Harga Rp 400 Jutaan

The New Mazda CX-3 KOMPAS.com/ Adityo The New Mazda CX-3

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio mengatakan, Mazda CX-3 pertama kali diluncurkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2017 dan baru dilakukan pembaharuan pada 2024. Pembaruan ini baru dilakukan agar mobil bisa menjadi pilihan konsumen di Tanah Air. 

"Sejak awal hingga kini, Mazda CX-3 kian berkembang menjadi salah satu kontributor penting dari penjualan Mazda di Indonesia. Pada tahun 2023 lalu, Mazda CX-3 bahkan sukses menjadi line-up dengan penjualan tertinggi di Indonesia, yang menyumbang hampir 35 penjualan dari keseluruhan penjualan," kata Ricky kepada media, Kamis (29/2/2024). 

Baca juga: Penyebab Mazda Bergerak Lambat Jual Mobil Listrik

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil Mazda CX-3 secara wholesales sepanjang 2023 adalah 1.819. Angka tesrebut bahkan lebih tinggi dari CX-5 yang hanya terjual 1.421 pada tahun lalu.

Kendati pembaharuan ini memakan waktu yang lama dari peluncuran perdananya pada 2017, Ricky optimistis New Mazda CX-3 akan kembali menjadi tulang punggung bagi Mazda Indonesia

"Kami berharap The New Mazda CX-3 dapat disambut dengan baik oleh masyarakat, bahkan mampu menciptakan sebuah standar baru dalam kategori segmen Compact SUV," kata Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com