Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regulasi Kustomisasi Justru Cegah Mobil Motor Ilegal Jadi Legal

Kompas.com - 29/02/2024, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Yusuf Nugroho, Kasubdit Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Transportasi Jalan, mengatakan, mobil dan sepeda motor yang dikustom ialah kendaraan yang punya asal-usul jelas bukan kendaraan "bodong."

Alasannya ialah mobil dan motor yang sudah dikustom harus dilakukan pengujian. Jika lolos uji maka kemudian diterbitkan bukti lulus uji tipe dan juga sertifikasi regulasi uji tipe.

Baca juga: Jangan Mendadak, Ini Jarak Aman Menyalakan Lampu Sein

"Luar biasa kreasi yang diproduksi workshop dan terbukti di lar negeri diapresiasi bahkan dikonteskan bisa menjuarai. Tetapi memang di Indonesia jika akan dioperasikan tentu kendaraan kustom harus memiliki sejarah kendaraan yang bersih," ujar Yusuf di Jakarta, belum lama ini.

Sebuah sedan klasik disulap menjadi flat deck yang nyaman boleh dibawa pulang pengunjung Kustomfest 2023 yang beruntung.Kompas.com/Erwin Setiawan Sebuah sedan klasik disulap menjadi flat deck yang nyaman boleh dibawa pulang pengunjung Kustomfest 2023 yang beruntung.

"Jangan sampai kendaraan yang dikustom sekali lagi masih tersangkut urusan-urusan lain seperti pajak mati, pidana atau sengketa seperti itu," ujar Yusuf.

Yusuf mengatakan, hal tersebut berkaitan dengan keabsahan kendaraan dan dalam hal ini yang bersangkutan ialah pihak Kepolisian.

"Instansi yang berwenang tentu kepolisian," ujarnya.

Baca juga: Layanan Bengkel Berjalan yang Disukai Konsumen Fuso

Penjelasan Yusuf, Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 45 Tahun 2023 tentang Kustomisasi Kendaraan Bermotor, ialah mengakomodir kendaraan yang diubah dari bentuk standar menjadi tidak standar bukan kendaraan ilegal jadi legal.

Misalnya mengkustom mobil dengan mengganti mesinnya tapi, histori mobil dan mesin yang dipakai tidak jelas. Bentuk modifikasi sepetti ini akan sulit jika akan di uji tipe atau sertifikasi.

Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux GarageKompas.com/Donny Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux Garage

Baca juga: AHM Siapkan Pelatihan Safety Riding Khusus Motor Listrik

"Kustom ialah mengubah kendaraan aagar tetap bisa dioperasikan di jalan. Ubahan ke mobil yang existing. Ini jadi salah satu solusinya, ujar Yusuf.

"Jadi jangan sampai pelaku-pelaku industri kustom juga menjadi salah satu objek yang menjadi, barang-barang ilegal jadi legal. Kami tidak ingin seperti itu," ujarnya.

"Untuk menjaganya harus pastikan jika akan kustom di bengkel pastikan dulu (kejelasan kendaraan), kalau tidak nanti akan menyulitkan," kata Yusuf.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com