Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG Tiga Kali Turunkan Harga MG 4 EV, Ini Sebabnya

Kompas.com - 23/02/2024, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) merupakan pabrikan yang tak ragu menurunkan harga jual produknya. Contohnya ialah harga mobil listrik MG 4 EV yang mengalami penurunan harga beberapa kali.

MG4 EV pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Saat itu mobil masih impor alias CBU Thailand dibanderol dengan harga mulai Rp 649,9 juta sampai Rp 699,9 juta.

Baca juga: Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Pakai Fitur Start Stop

Pada Agustus di GIIAS 2024, MG mengumumkan akan memproduksi lokal. Hasilnya pada November 2023, mobil bergaya crossover listrik itu dirakit di Indonesia dan pada Januari 2024 harganya turun menjadi Rp 433 juta.

Presiden Jokowi mencoba duduk di dalam mobil listrik MG 4 EVFoto: MG Presiden Jokowi mencoba duduk di dalam mobil listrik MG 4 EV

Hanya selang satu bulan yaitu pada Februari, harga MG 4 EV kembali turun di IIMS 2024 menjadi Rp 423 juta. Harga Rp 423 hanya untuk 3.000 konsumen pertama yang memesan MG 4 EV produksi nasional.

"Saat meluncur kami tetap besaing dari harga Rp 649 juta tapi kami tahun dari beban yang akan kami tanggung karena kami belum CKD," kata Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia kepada Kompas.com, Kamis (22/2/2024).

"Tahun lalu semua orang bicara PPN 10 persen MG tidak dapat (subsidi) tapi kami berikan subsisi PPN dari kantongnya MG. Kemudian tarikannya semakin banyak, di GIIAS," ujar Arief.

Baca juga: Lampu Belakang Variasi Innova Reborn di IIMS 2024, mulai Rp 3 Jutaan

Arief mengatakan, sebetulnya saat GIIAS 2023 pihaknya sudah menyiapkan jalur produksi di pabrik MG di Cikarang, Jawa Barat, tapi belum bisa diungkap ke masyarakat.

"Bulan Agustus MG 4 EV, waktu di GIIAS kami sampaikan kami lagi proses CKD, di mana secara line kami sudah produksi, antisipasi Oktober mulai produksi. Cuma saya tidak gaungkan ke teman-teman media, kami silent underground," katanya.

MG4 EV dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia di pabriknya yang terletak di Cikarang, Jawa BaratDok. MG Motor Indonesia MG4 EV dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia di pabriknya yang terletak di Cikarang, Jawa Barat

Arief mengatakan, penurunan harga lagi di IIMS 2024 merupakan bukti bahwa MG sangat memerhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik United C2000, Harga Subsidi Rp 13,9 Juta

"Kami berikan pertanyaan, baik terbuka dan tertutup. Banyak yang ingin punya MG karena sesuai dengan fitur-fiturnya sangat sesuai. Jadi cara kami mendemokratisasi kami harus bisa memberikan harga yang sessuai," ujarnya.

"Volume penting tapi bagi kami juga penting siapa yang akan menjadi konsumen kami. Itu yang melatarbelakangi kami (CKD) dan akhirnya Januari umumkan harga awal MG (MG 4 EV," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com