Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Usaha Cuci Kendaraan, Modal mulai Rp 800.000

Kompas.com - 23/02/2024, 15:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jasa mencuci kendaraan bisa menjadi ide bisnis bagi sejumlah orang yang ingin berwirausaha. Namun, sebelum memulai bisnis tersebut, ada baiknya menyiapkan daftar alat yang harus dibeli untuk kebutuhan jasa mencuci kendaraan. 

Pada ajang IIMS 2024, pengujung juga bisa belanja untuk kebutuhan jasa cuci motor hingga mobil seperti pressure pump. Bahkan harga yang ditawarkan juga beragam dengan kemampuan yang berbeda-beda. 

Emir Reza, Brand Development Lead Vici mengatakan, merek ini punya sejumlah produk mesin high pressure cleaner yang bisa menunjang bisnis jasa cuci kendaraan. 

Baca juga: Bisa Beli Official Merchandise VR46 di IIMS 2024

"Kami punya mesin yang membuat debit air keluar lebih kencang dan flow nya lebih cepat untuk mencuci kendaraan. Tapi ada juga produk dengan jenis yang levelnya untuk rumah, misalnya untuk membenskan AC dengan tekanan air yang ringan," kata Emir kepada Kompas.com di IIMS 2024, Kamis (23/2/2024). 

Bagi yang berminat ingin membeli mesin penyemprot air untuk mencuci kendaraan bisa dimulai dari budjet dari Rp 975.000.

Hanya saja ukurannya lebih kecil dan daya semprot airnya standar. Namun mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya tidak besar. Maka cocok untuk jasa pencucian kendaraan yang dipanggil dari rumah ke rumah lainnya. 

Mesin high pressure cleaner Vici di IIMS 2024KOMPAS.COM/ JANLIKA Mesin high pressure cleaner Vici di IIMS 2024

Adapun untuk mesin yang punya kemampuan penyemprotan lebih kencang dan ukuran yang lebih besar dibanderol Rp 35 juta.

Mesin ini juga punya fitur mengubah air yang akan disemprot menjadi air panas. Untuk mengoperasikan mesin pemanas airnya membutuhkan 5 liter solar. 

Mesin jenis ini lebih cocok untuk untuk merintis showroom jasa cuci kendaraan karena lebih lengkap. 

Baca juga: Diskon Aprilia SR GT 200 Tembus Rp 16 Juta Khusus di IIMS 2024

"Air panas punya fungsi untuk membersihkan lebih menyeluruh noda yang bahan dasarnya  seperti oli atau minyak yang sudah dihilangkan, sehingga bisa didorong oleh air panas. Tekanan airnya juga bisa diatur macam-macam bisa diatur setinganya. Bisa juga untuk membersihkan jalan raya." kata Emir.

Adapun cara kerja dari alat tersebut bisa mengambil dari sumber air yang tidak mengalir. Misalnya dari toren atau sungai untuk nantinya disemprotkan.

Alat lainnya yang tidak kalah penting adalah mesin penghisap debu untuk membersihkan interior mobil. Mesin vakum ini dibanderol dengan harga Rp 1,6 juta.

"Kita juga ada vakum yang bisa meniup basah atau kering dan juga menyedot debu di jok mobil. Hanya saja di IIMS produk kami tidak ada diskon karena kami tidak fokus pada penjualan namun pengenalan prodak. Tapi kami berikan garansi seumur hidup, garansi suku cadang satu tahun dan jaminan durasi pengerjaan dua jam selesai saat perbaikan," kata Emir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com