Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Vokasi Satu Hati 2024 Sertakan Materi Motor Listrik

Kompas.com - 22/02/2024, 18:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) 2024 yang diikuti para siswa dan guru SMK sebagai persiapan generasi unggul di bidang vokasi otomotif roda dua.

Melalui tema “Wujudkan SDM Unggul”, FVSH 2024 mengalibrasi serapan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda di SMK Mitra Binaan. Kompetisi ini digelar secara berjenjang dari tingkat sekolah, regional hingga nasional.

FVSH dibuka sejak September 2023, diikuti oleh 29.687 peserta didik dan 3.241 guru program pendidikan (Prodi) Teknik Sepeda Motor dari 36 provinsi di Indonesia.

Melalui serangkaian seleksi, terpilih 40 peserta didik dan 27 guru terbaik untuk menghadapi seleksi nasional pada 20–22 Februari 2024 di AHM Safety Riding & Training Center, Deltamas, Jawa Barat.

Baca juga: Astra Honda Perkenalkan 11 Pebalap Andalan Musim 2024

Festival Vokasi Satu Hati 2024KOMPAS.com/FATHAN Festival Vokasi Satu Hati 2024

Bedanya untuk tahun ini, FVSH 2024 menghadirkan ujian teori dasar sepeda motor listrik Honda bagi siswa dan tenaga pengajar.

Hal ini merupakan bagian dari rencana perusahaan menyelaraskan perkembangan teknologi di industri sepeda motor dengan materi yang diajarkan di SMK mitra binaan.

Para guru dan siswa juga menjalani ujian praktik mulai dari pengenalan alat dan pengukuran, serta perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan teknologi terkini.

Para peserta guru diuji kemampuannya dalam teknik mengajar dan menyampaikan materi ajar seputar teknologi sepeda motor Honda.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, FVSH merupakan cara perusahaan dalam menukur dan mengevaluasi hasil pengembangan keterampilan siswa dan guru di bidang vokasi.

Baca juga: Obral Helm Arai di IIMS 2024, Diskon Tembus Jutaan Rupiah

Festival Vokasi Satu Hati 2024KOMPAS.com/FATHAN Festival Vokasi Satu Hati 2024

Kegiatan ini akan memberikan apresiasi kepada siswa dan guru dengan kompetensi keterampilan terbaik sekaligus mengumumkan SMK mitra binaan terbaik berdasarkan penilaian mandiri pihak sekolah.

”Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi melalui implementasi Kurikulum Merdeka yang didukung sarana sekolah yang selaras dengan standar dunia industri. Motor listrik kami masukkan sebagai salah satu materi uji untuk mengetahui tingkat pemahaman guru dan siswa terhadap perkembangan teknologi motor listrik tekini,” ujar Muhib, Kamis (22/2/2024).

Pada gelaran puncak acara FVSH 2024, AHM menetapkan para pemenang kompetisi keterampilan teknik terbesar di dunia vokasi sepeda motor di Indonesia.

Penentuan pemenang berdasarkan seleksi yang kompetitif di bawah penilaian tim juri dari Tim Teknik dan Service AHM dan Main Dealer Honda.

Festival Vokasi Satu Hati 2024KOMPAS.com/FATHAN Festival Vokasi Satu Hati 2024

Pada kategori siswa, Muhamad Ramdhan dari SMK Negeri 7 Baleendah, Jawa Barat dengan raihan poin 88,5 berhasil meraih juara pertama, disusul Michael Herdiansyah Valentino Imade Syamsi dari SMK Teladan Kertasemaya Indramayu, Jawa Barat sebagai juara kedua, dan Rafly Ahmad dari SMK Negeri 2 Amuntai, Kalimantan Selatan sebagai juara ketiga.

Siswa juara pertama ini mendapatkan beasiswa prestasi Astra yakni kuliah di Politeknik Astra (ASTRAtech) selama 6 semester atau hingga lulus, bantuan dana pendidikan senilai Rp 8 juta serta satu unit sepeda motor Honda untuk fasilitas praktik sekolah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com