Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancang-ancang AHM Menuju Net Zero Emission

Kompas.com - 19/02/2024, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) menampilkan motor listrik SC e: Concept di IIMS 2024. Motor listrik tersebut ketiga kalinya muncul secara global, pertama kali di Japan Mobility Show, lalu di Eicma, Italia, dan terakhir di IIMS.

Bukan cuma SC e: Concept, EM1 e: saat masih konsep juga dipamerkan AHM saat IIMS 2023. Lalu pernah juga di IMOS 2022, AHM memboyong dua motor listrik sekaligus, yakni Benly e: dan Gyro e:, menemani PCX Electric.

Soal memamerkan motor listrik, President Director AHM Susumu Mitsuishi mengatakan, Indonesia memang belum mengeluarkan larangan motor bensin tidak boleh dijual, namun tetap punya target net zero emission di 2060.

Baca juga: AHM Sebut Motor Hybrid Tidak Efektif

Astra Honda Motor (AHM) memajang motor listrik Honda Benly e di IMOS 2022.KOMPAS.com/Gilang Astra Honda Motor (AHM) memajang motor listrik Honda Benly e di IMOS 2022.

"Pemerintah pernah menyampaikan di 2060 akan netral karbon. Sehingga kami lihat pasti secara berjenjang akan melakukan tahapan dan inisiatif menuju target tersebut," kata Mitsuishi kepada Kompas.com, Kamis (15/2/2024).

Jadi walau belum ada arahan kapan terakhir boleh memasarkan motor bensin, AHM mulai duluan dengan memperkenalkan motor listrik. Jadi nantinya kalau keluar regulasi, maka pabrikan asal Jepang ini tidak kaget.

Baca juga: Hadir di IIMS 2024, Erick Thohir Evaluasi Penjualan Kendaraan Listrik


"Kami di Honda tidak akan terburu-buru atau panik kalau ada aturan untuk mengejar itu (karbon netral). Artinya kami melihat pemerintah indonesia punya visi jangka panjang," kata Mitsuishi.

Mitsuishi bilang, AHM akan mengikuti visi dari pemerintah menuju netral karbon. Makanya dari sekarang disiapkan berbagai hal mulai dari produk sampai jaringan diler yang lebih luas lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com