Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat Jimny 5 Pintu, Rasakan Sensasi Off Road di IIMS 2024

Kompas.com - 22/02/2024, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Jimny 5 pintu pada hari pertama ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Kehadiran mobil sport utility vehicle (SUV) ikonik ini, melengkapi varian Jimny 3 pintu yang sudah lebih dulu dipasarkan.

Setelah mengupas soal desain dan perbedaannya dengan versi 3 pintu, giliran menjajal singkat performa Jimny 5 pintu yang unitnya telah disediakan Suzuki pada arena test drive IIMS 2024.

Meski berbeda dari sisi dimensi panjang, tapi urusan dapur pacu Suzuki Jimny 5 pintu masih menggunakan mesin K15B yang sama dengan versi 3 pintu. Bahkan urusan olahan tenaganya juga tak berbeda.

Berdasarkan data, mesin K15B yang digunakan Jimny 5 pintu memiliki kapastias 1.500 cc. Tenaganya mencapai 100,5 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Baca juga: Apa Menariknya Hyundai Creta Alpha yang Melantai di IIMS 2024? [Video]

Redaksi berkesempatan melakukan test drive singkat Jimny 5 pintu dengan transmisi matik konvensional atau AT. Secara sensasi berkendara memang tak berbeda jauh dari versi 3 pintu, apalagi layout interior juga hampir serupa.

Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024KOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024

Tenaga di bawah memang tak begitu responsif, tapi tetap halus ketika mulai berjalan. Mengajak Jimnya 5 pintu melewati sedikit rintangan yang dibuat agak zig-zag, masih bisa dilewati dengan mudah meski dimensinya saat ini menjadi panajng.

Melewati rumble strip seperti polisi tidur dengan ukuran sedang dengan kecepatan 20 kilometer per jam (kpj), tak membuat Jimny 5 pintu mengalami guncangan berarti. Hal ini menandakan sistem suspensi bekerja cukup optimal.

Baca juga: Kisruh Gorengan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, Begini Regulasi Resminya

Selanjutnya, untuk menguji ketangguhan Jimny 5 pintu menghadapi medan berat, Suzuki juga sudah menyiapkan area tersendiri, yakni Jimny Adventure Experience. Tapi sayangnya, kali ini redaksi hanya diizinkan menjadi penumpang saja alias.

Ujian pertama yang harus dilewati Jimny 5 pintu adalah melintas bidang miring dengan kondisi sebelah roda berada di atas atau lebih tinggi. Hal ini sekaligus menggambarkan keseimbangan dari SUV ringkas ini ketika menghadapi medan jalan yang memiliki tinggi di salah satu sisi.

Pada pengujian kali ini, fitur ALLGRIP Pro Jimny 5 pintu sudah digunakan dengan posisi tuas penggerak roda yang berada di 4H dan kemudian ke 4L.

Usai melintasi ringatakan pertama, redaksi langsung diajak melewati medan bebatuan dan pasir. Lagi-lagi, guncangan baik di jok penumpang depan dan belakang minim terasa. Jimny 5 pintu juga mampu melintasinya dengan mudah.

Baca juga: Sensasi Singkat Geber Mitsubishi XForce di IIMS 2024

Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024KOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024

Selanjutnya, diteruskan dengan melewati tanjakan curam dengan tingkat kemiringan mencapai 35 derajat. Tanpa perlu menekan pedal gas dalam-dalam, Jimny 5 pintu mulai berjalan naik tanpa kendala.

Bahkan sebelum menyentuh puncak, driver sengaja menghentikan lajut Jimny 5 pintu di tengah pada posisi menanjak untuk menguji fitur Hill Hold Assist. Hasilnya, dengan empat orang penumpang, Jimny mampu bertahan selama beberapa detik.

Demikian juga saat turun, fitur Hill Descent Control mampu membuat laju Jimny 5 pintu lebih mulus. Pengemudi juga tak direpotkan harus menginjak rem terlalu dalam untuk menjaga kecepatan mobil.

Meski secara lintas dan area test drive cukup terbatas, paling tidak hal ini bisa memberikan gambaran singkat soal kemampuan Suzuki Jimny 5 pintu yang ternyata tak berbeda jauh dari versi 3 pintu.

Baca juga: Penjualan Honda CR-V Hybrid 3 Kali Lipat dari Versi Bensin

Suzuki Jimny 5 Pintu resmi meluncur di IndonesiaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Jimny 5 Pintu resmi meluncur di Indonesia

Dari handling berkendara masih cukup baik, tapi ketika melakukan u-turn, dengan dimensi yang lebih panjang otomatis mengharuskan pengendara mengambil jarak yang lebih ideal. Apalagi bila berada pada ras jalan yang tak begitu lebar.

Suzuki memasarkan Jimny 5 dalam beberapa pilihan. Untuk harganya, mobil SUV ikonik ini dipasarkan mulai Rp 462 juta sampai Rp 478,6 juta on the road Jakarta per Februaro 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com