Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Dimensi dan Eksterior BR-V N7X Edition Vs Stargazer X

Kompas.com - 18/02/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda BR-V N7X Edition yang baru diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 cukup menarik perhatian konsumen.

Sejumlah penambahan kosmetik baru yang disematkan cukup menjadi model untuk bersaing di segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Melihat dari eksterior, interior, serta sajian fitur yang ditawarkan, bila disandingkan dengan pemain di segmen LSUV, Honda BR-V N7X Edition cocok berhadapan dengan Hyundai Stargazer X.

Secara dimensi, BR-V N7X Edition memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.685 mm dengan jarak sumbu roda 2.700 mm, dan ground clearance 220 mm.

Baca juga: Komunitas AXIC dan TCF Gelar Kopdar Hybrid di xEV Center Toyota

Untuk Hyundai Stargazer X memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.710 mm dengan wheelbase 2,780 mm, serta ground clearance 200 mm.

BR-V N7X EditionKompas.com/Nanda BR-V N7X Edition

Melihat perbandingan tersebut, jelas secara dimensi panjang, lebar, tinggi dan wheelbase Stargazer X lebih besar dari BR-V N7X Edition. Tapi, urusan ground clearance, BR-V N7X Edition lebih jenjang yang membuat pengendara merasa lebih percaya diri ketika melewati ragam kondisi jalan.

Dari segi eksterior, baik BR-V N7X Edition atau Stargazer X sudah sama-sama dibekali sistem pencahayaan LED dan DRL.

BR-V N7X Edition tampil gaya dengan sentuhan krom pada gril depan yang dilengkapi dengan emblem N7X Edition. Mobil ini juga disematkan beberapa sentuhan kelir hitam, di kaca spion, hendel pintu, serta antena shark fin yang mampu mempermanis tampilan.

Pada bagian kaki-kaki juga menggunakan pelek baru berwarna hitam sehingga terlihat lebih sporty. Untuk tipe E CVT dibekali ukuran 16 inci, sementara untuk N7X Prestige CVT dan N7X Prestige with Honda Sensing ukurannya lebih besar yakni 17 inci.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Khusus untuk varian N7X Prestige CVT dan N7X Prestige with Honda Sensing mendapat tambahan rumah foglamp dengan aksen chrome, serta spoiler belakang dan aero kit berwarna hitam.

Sementara Stargazer X tampil lebih eksentrik. Hyundai memberikan kesan futuristis, sehingga tampak depan jadi seperti robot. Khususnya untuk warna silver metalik doff. LED DRL juga terkesan seperti sepasang mata.

Pada bagian samping, Hyundai menyematkan over fender. Peleknya berukuran 17 inci dan kombinasikan dengan ban profil 50.

Bagian atap diberi pemanis berupa dummy roof rail. Sedangkan bagian belakang juga terlihat lebih sporty dengan adanya roof spoiler.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Baca juga: Rahasia BYD, Pabrikan Otomotif China Bisa Mendunia

Bicara soal desain memang menjadi hal yang relatif, karena setiap orang memiliki selera masing-masing. Tapi bila diperhatikan, Stargazer X tak jauh berbeda dengan Stargazer LMPV, sementara BR-V N7X Edition dikonsepkan dengan kesan kokoh khas LSUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com