Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Xpander Hybrid Belum Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 16/02/2024, 07:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Mitsubishi Thailand resmi meluncurkan Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV), Kamis (1/2/2024).  Kabar ini menjadi angin segar bagi para pecinta merek Mitsubishi yang ingin menggunakan mobil hybrid.

Hanya saja, saat ini Xpander Hybrid masih belum diketahui kapan akan meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Pada ajang IIMS 2024, ketika sejumlah ATPM meluncurkan beragam model baru dengan teknologi hybrid atau listrik, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) justru tampil tanpa amunisi. Merek tiga berlian hanya mengumumkan harga penjualan dari Mitsubishi L100 EV pada pameran kali ini.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur MMKSI, mengatakan, saat ini pihaknya masih perlu waktu untuk mempelajari banyak hal hingga Xpander Hybrid siap dijual di pasar Indonesia. 

"Di Thailand memang sudah meluncur, kalau di Indonesia sendiri kita masih mempelajari baik itu aftermarket, situasi pasar, dan sebagainya. Sebab, kondisi pasar di Indonesia berbeda baik itu skema pajak dan lainnya," kata Kurita kepada Kompas.com di IIMS 2024, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: Suzuki Mengaku Belum Tertarik Lagi Bikin Katana

Xpander Hybrid sendiri merupakan mobil jenis LMPV dan LSUV ini dibekali spesifikasi serupa, yakni mesin baru MIVEC dengan kapasitas 1,6 liter. Berdasarkan angka di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan daya 95 tk dan torsi sebesar 134 Nm.

Siluet Mitsubishi Xpander HybridDok. Mitsubishi Siluet Mitsubishi Xpander Hybrid

Baca juga: Dua Motor Listrik Baru Honda Bukan Realisasi SC e: Concept

Mitsubishi mengawinkan mesin MIVEC dengan sistem penggerak hybrid, terdiri dari set motor listrik dengan daya 116 tk dan torsi 255 Nm, serta baterai hybrid yang ditanam di kursi penumpang depan sebelah kiri.

"MMKSI tetap mempelajari produk mana yang cocok akan didahulukan untuk pasar indonesia," kata Kurita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com