Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Toyota, Daihatsu Juga Umumkan Recall Xenia di Indonesia

Kompas.com - 13/02/2024, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya Toyota, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga resmi mengumumkan recall yang dikemas dalam program special service campaign untuk All New Xenia.

Program penarikan kembali untuk perbaikan pada generasi terbaru Xenia ini telah dimulai sejak 13 Februari 2024.

Adapun recall dilakukan untuk pengecekan dan pengencangan nut (mur) pada shock absorber depan dengan estimasi waktu sekitar 30 menit. Ini berlaku pada All New Xenia produksi November 2021 hingga September 2023.

Tak hanya itu, dalam kesematan yang sama sebagian Xenia keluaran November 2022 perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan pada door beam depan kanan yang berlangsung kurang lebih 3–4 jam.

Baca juga: Toyota Indonesia Recall Avanza, Veloz, Vios, Sienta dan Yaris Cross

Marketing Director & Corporate Communication Director PT ADM Sri Agung Handayani mengatakan, program ini merupakan wujud komitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan dalam berkendara.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu All New Xenia

"Kami mengajak pelanggan yang kendaraannya masuk dalam daftar program ini untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu terdekat guna melakukan pengecekan dan perbaikan tanpa dipungut biaya apa pun," ujar Agung dalam keterangan resminya, Selasa (13/2/2024).

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut terkait berapa unit Xenia yang terdampak serta soal potensi-potensi yang terjadi akibat masalah tersebut.

Lebih lanjut, Daihatsu akan menghubungi pelanggan Xenia yang kendaraannya masuk dalam program ini.

Konsumen juga bisa memastikan apakan unitnya masih dalam recall dengan mengunjungi situs ssc.daihatsu.co.id, dan memasukan nomor rangka atau menghubungi call center di 1-500-898.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Agung.

Baca juga: Bocor Penampakan Jimny 5 Pintu, Siap Meluncur di IIMS 2024

Daihatsu Xenia Limited Edition meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia Limited Edition meluncur di GIIAS 2023

Seperti diketahui, Toyota juga melakukan recall untuk All New Avanza yang diproduksi pada November 2022 imbas adanya masalah pada front door side impact beam yang kurang sempurna pemasangannya. Selain itu juga masalah pada front shock absorber nut pada Avanza produksi 2021-2023, Vios, Yaris Cross, serta Veloz.

Pada keterangan resmi Toyota, dijelaskan instruksi pengencangan tidak tepat yang memungkinkan mur dapat menjadi kendur. Efeknya, akan menimbulkan suara yang tidak normal atau bahkan terlepas dan mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika sedang melaju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com