Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Toyota Hilux Rangga Sudah Dikaroseri, Hadir di IIMS 2024?

Kompas.com - 12/02/2024, 19:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menunda peluncuran Hilux Rangga. Kendaraan niaga tersebut masih akan dipamerkan ke masyarakat, termasuk dengan versi karoserinya.

Sejak diperkenalkan ke publik pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Oktober lalu, pikap tersebut masih belum juga diluncurkan hingga sekarang.

Baca juga: Toyota Pastikan Hilux Rangga Berbeda dari Hilux Champ

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, sengaja menunda peluncuran Hilux Rangga, karena masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Selain itu, Toyota ingin lebih banyak lagi mendengarkan masukan dari para konsumen.

Ilustrasi Toyota Rangga ConceptKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Toyota Rangga Concept

"Jadi, tahun lalu kami sudah banyak sekali bertemu dengan konsumen, puluhan ribu konsumen, tapi kami belum puas. Kami ingin menambah lagi komunikasi dan diskusi dengan konsumen untuk mempersiapkan banyak hal," kata Anton, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada beberapa pameran sebelumnya, Toyota sudah menampilkan Hilux Rangga dalam beberapa bentuk karoseri, seperti mobil servis, mobil kafe, dan ambulans.

Baca juga: Toyota Tunda Peluncuran Hilux Rangga

Belum lama ini, terlihat Toyota sedang mempersiapkan Hilux Rangga dalam bentuk karoseri lainnya. Terlihat ada tiga macam bentuk yang baru.

Pertama, Hilux Rangga dijadikan campervan. Jika melihat spesifikasi Hilux Champ yang sudah meluncur lebih dulu di Thailand, mobil ini memiliki jarak sumbu roda hingga 3.085 mm.

Untuk dimensinya, pikap ini memiliki panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.735 mm. Sehingga, jika dijadikan campervan, dimensi belakangnya bisa mengakomodasi kebutuhan dengan baik.

Karoseri kedua, Hilux Rangga dijadikan mobil dinas untuk Direktora Polisi Satwa (Ditpolsatwa), khususnya untuk mengangkut anjing polisi.

Toyota Rangga ConceptKOMPAS.com / Dio Toyota Rangga Concept

Karoseri ketiga, terlihat Hilux Rangga dijadikan kendaraan logistik untuk mengangkut bahan makanan. Bagian belakang dijadikan cool box dan terlihat tetap proporsional.

Ketiga mobil ini kemungkinan besar akan dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Tapi, bisa juga untuk dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 yang akan digelar Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com