Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Lengkap Polytron Fox R, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 12/02/2024, 18:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polytron Fox R jadi jagoan motor listrik di rentang harga belasan juta rupiah. Lebih spesifik, harganya Rp 13,5 juta dengan jarak tempuh sampai 130 Km dan kecepatan puncak mencapai 95 Kpj.

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan buat mengetes motor listrik ini beberapa hari. Pada tulisan ini, sudah kami rangkum dengan lengkap hasil pengetesan, mulai dari desain, spesifikasi lengkap, rasa berkendara, sampai biaya kepemilikan.

Baca juga: Skema Kredit Polytron Fox R, Bisa Cicil mulai Rp 300.000-an

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Desain

Secara tampilan, Fox R bisa dibilang jadi satu-satunya motor listrik dengan model skutik bongsor di rentang harga belasan juta Rupiah.

Layaknya skutik bongsor, bagian bodi depan dari Fox R lumayan besar dan ada windshield. Lampu depan sudah full LED dan pakai DRL serta lampu sein yang tampilannya agresif.

Beralih ke bagian samping, desainnya sebenarnya tidak terlalu agresif tapi kelihatan dinamis. Dek terluhat panjang layaknya motor listrik kebanyakan, bodi belakang cenderung simpel, cuma ada logo yang timbul Fox R Electric.

Baca juga: Simak Skema Cicilan All New Honda CR-V Turbo

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Bagian detail yang cukup unik ada di pelindung swingarm yang besar dimensinya. Modelnya bikin padat tampilan samping, bahkan seperti ilusi ada CVT layaknya skutik konvensional, padahal cuma pemanis saja.

Bisa dilihat juga dari samping kalau Fox R menggunakan pelek 13 inci dengan tapak yang lebar. Pelek depan memakai model dual tone five spoke, sedangkan yang belakang dinamo tapi ada warna krom di bibir pelek.

Bahas bagian belakang, desain lampu kombinasi cukup sederhana, ukurannya besar mengikuti bodi. Lampu malam bentuknya LED bar yang memanjang dari kiri ke kanan, lampu rem berupa LED dot tapi buat lampu sein masih pakai bohlam.

Polytron Fox RKOMPAS.com/FATHAN Polytron Fox R

Spesifikasi Lengkap

Polytron Fox R menggunakan dinamo yang menghasilkan tenaga 3.000 Watt (rated) atau setara 4 TK dan puncaknya (peak) di 6.500 Watt atau setara 8,8 TK. Torsinya yang dahsyat 187 Nm instan saat putaran gas awal.

Tersedia dua mode berkendara, D dan S, kecepatan puncaknya mencapai 95 Kpj. Soal baterai, kapasitasnya 3,75 kWh, klaim Polytron bisa melaju sejauh 130 Km, sangat jauh buat motor listrik dengan harga Rp 13 jutaan.

Soal dimensi, Fox R punya panjang 2.000 mm, lebar 735 mm, dan tinggi 1.170 mm. Kalau dibandingkan, ukuran sedikit lebih panjang dari Nmax cuma tidak lebih lebar dan tinggi, memang mirip skuter bongsor.

Polytron Fox RKOMPAS.com/FATHAN Polytron Fox R

Pada bagian kaki-kaki, Polytron mengandalkan pelek 13 inci dengan ban lebar, depan ukurannya 110/70 dan yang belakang 130/70, serta rem cakram di kedua sisi. Suspensi depan teleskopik dan belakang pakai shockbreaker ganda.

Kemudian soal fitur, Polytron tidak pelit. Lampu depan sudah full LED dengan DRL. Lampu kombinasi di belakang, rem pakai LED dot, sedangkan sein masih bohlam. Instrument cluster sudah digital dan diisi banyak informasi.

Misalnya posisi gigi, kecepatan, sisa baterai, odometer, dan trip meter, serta indikator standar samping, sampai rem pun ada. Kemudian ada juga USB port buat mengisi daya telepon genggam.

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Bagasinya juga bisa dibilang cukup lega, mengingat model baterainya yang ditanam. Jadi bisa muat casan dan jaket serta barang yang lebih banyak dibandingkan motor listrik dengan baterai di bagasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com