Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi Daya Polytron Fox R, 125 Km cuma Rp 5.000-an

Kompas.com - 09/02/2024, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik memiliki keunggulan dalam biaya operasional harian. Biasanya buat mengisi daya motor listrik tidak memakan banyak ongkos, beda dengan mengisi bensin.

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan buat mengetes motor listrik Polytron, yakni Fox R. Secara performa, Fox R di atas kertas sangat mumpuni, pakai dinamo 3 kW, kecepatan puncaknya bisa 95 Kpj.

Bukan itu saja, baterai yang digunakan pun cukup besar kapasitasnya, 3,75 kWh dan diklaim bisa menempuh jarak 130 Km. Penguji mencoba menghitung berapa konsumsi daya dari motor listrik yang harganya Rp 13,5 juta ini.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Polytron Fox R, Punya Performa Tinggi

Modifikasi ringan Polytron Fox R biar makin nyaman dipakai harianKOMPAS.com/FATHAN Modifikasi ringan Polytron Fox R biar makin nyaman dipakai harian

Perlu dipahami, saat mengendarai motor listrik, gaya berkendara sampai bobot pengendaranya sangat berpengaruh.

Bobot penguji adalah 80 Kg, gaya berkendara yang digunakan cenderung normal, mengebut sedikit saat jalanan lengang.

Setelah dibawa sejauh 21,3 Km, dari baterai penuh tinggal 83 persen. Artinya dalam perjalanan tersebut, cuma memakan 17 persen baterai, atau sekitar 637,5 Watt.

Kalau misalnya motor dipakai sampai baterai habis, dengan gaya berkendara yang sama, maka Fox R bisa menempuh jarak sampai 125,2 Km. Jadi dibandingkan dengan klaim Polytron, tidak berbeda jauh, 130 Km dan 125,2 Km.

Baca juga: Subaru Belum Mau Jualan Mobil Listrik di Indonesia


Jadi dihitung dengan tarif Rp 1.444,7 per 1 kW, maka biaya yang dikeluarkan buat Fox R berjalan sejauh 125,2 Km cuma Rp 5.417. Biayanya akan sangat murah kalau dibandingkan dengan ongkos BBM motor konvensional.

Misal skutik bongsor 150cc biasanya punya konsumsi BBM sekitar 40 Km per liter. Maka kalau satu liter Pertamax harganya Rp 12.950, dipakai jalan sejauh 120 Km butuh ongkos Rp 38.850, jauh bedanya dengan Fox R.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com