Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Kepemilikan Polytron Fox R, di Bawah Rp 10.000 Per Hari

Kompas.com - 12/02/2024, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polytron Fox R jadi pilihan motor listrik yang menarik di pasaran. Harganya cuma Rp 13,5 juta, tapi punya performa yang mumpuni, sekali cas bisa menempuh jarak 130 km, klaim dari Polytron.

Selain baterai yang punya kemampuan jarak jauh, dinamo yang digunakan bertenaga 3.000 Watt. Artinya, motor bisa dikebut sampai kecepatan 95 kpj, sudah sangat tinggi buat motor listrik di kelas harga belasan juta rupiah.

Pada tulisan kali ini, redaksi Kompas.com mengumpulkan berapa biaya kepemilikan Polytron Fox R selama satu tahun. Biaya yang terkumpul merupakan jumlah dari pajak tahunan, ongkos listrik, dan sewa baterai.

Baca juga: Fitur Canggih Polytron Fox R, dari Aplikasi Sampai Peringatan

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Sebenarnya buat perawatan, motor listrik tidak perlu diservis secara rutin. Paling yang perlu diganti adalah kampas rem dan ban, cuma itu pergantian komponen itu seharusnya masih belum sampai satu tahun, jadi tidak kami sertakan.

Bicara pajak tahunan, motor listrik yang redaksi tes ini pakai pelat K, alias dari Kudus, Jawa Tengah. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp 0, jadi cuma bayar SWDKLLJ Rp 35.000 per tahun.

Kemudian untuk ongkos listrik, Polytron Fox R punya kapasitas baterai 3,75 kWh dengan jarak tempuh sekitar 130 km. Kalau misal dipakai harian cuma setengahnya, maka baterai bisa diisi setiap dua hari sekali.

Baca juga: Video Chef Juna Adu Mulut dengan Sopir Truk karena Mobil Saling Pepet

Polytron Fox RKOMPAS.com/FATHAN Polytron Fox R

Artinya dengan tarif listrik per 1 kW adalah Rp 1.444,7, maka sekali cas bakal menghabiskan biaya Rp 5.400-an. Kemudian, kalau mengecas dua kali sehari, maka satu tahun mengecas cuma mengeluarkan biaya Rp 988.200.

Polytron juga menyediakan fasilitas fast charging di beberapa diler dan gratis buat pemilik motor Polytron. Kalau mengecas di fasilitas fast charging, tentu biaya mengecas di rumah jadi berkurang, makin hemat lagi.

Polytron Fox RKOMPAS.com/FATHAN Polytron Fox R

Perlu diingat juga, Fox R menggunakan skema sewa baterai, per bulan Rp 200.000. Jadi buat satu tahun, biaya buat sewa baterai adalah Rp 2,4 juta.

Sehingga, kalau dijumlah biaya kepemilikan Polytron Fox R adalah Rp 3.423.200 per tahun. Kalau dibagi per bulan, maka siapkan dana Rp 285.000-an dan per hari hanya Rp 9.300.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com