Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Berkendara Polytron Fox R, Mumpuni buat Harian dan Jarak Jauh

Kompas.com - 12/02/2024, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polytron Fox R merupakan motor listrik dengan harga Rp 13,5 juta tapi punya performa yang luar biasa. Bayangkan saja, punya kecepatan puncak sampai 95 Kpj dan diklaim bisa melaju sejauh 130 Km sekali cas.

Soal posisi berkendara, sebenarnya buat orang dengan postur di atas 170cm, rasanya seperti jongkok. Berarti dek tinggi, tapi jok kurang naik, menyebabkan bokong lebih rendah dari lutut, kurang nyaman. 

Kekurangan tersebut bisa diakali dengan menambah busa di jok, jadi lebih tinggi. Tapi, bicara rata-rata tinggi orang Indonesia, 158-163,5 Cm, masih bisa nyaman.

Baca juga: Fitur Canggih Polytron Fox R, dari Aplikasi Sampai Peringatan

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Soal manuver, Fox R masih terbilang stabil dan nurut. Cuma kembali lagi untuk yang posturnya tinggi, setang bisa menempel ke kaki kalau dibelokkan penuh.

Satu catatan yang terasa adalah suspensi tergolong keras, apalagi kalau dipakai sendirian. Terasa sekali kalau melewati lubang yang tidak terlalu dalam atau saat melintasi kontur jalan yang tidak rata. Kompensasinya, saat kecepatan tinggi, motor lebih stabil saat menikung.

Sekarang bahas performanya, ini memang tidak main-main. Tersedia dua mode berkendara, D dan S yang punya karakter dan kecepatan puncak yang berbeda.

Baca juga: Begini Cara, Syarat dan Biaya Bikin SIM Online 2024

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Buat D, respons dari gas ke dinamo yang tenaganya 3.000 Watt ini terasa mulus. Kecepatan puncaknya bisa sampai 60 Kpj sampai 70 Kpj.

Berbeda kalau dipindah ke S, tarikan gasnya jadi responsif. Kecepatan puncak 95 Kpj bisa dengan mudah diraih. Buat pemakaian harian, motor listrik ini mumpuni, bisa kencang tapi dibawa santai juga enak.

Kemudian, performa dari baterai 3,75 kWh ini sebenarnya yang bikin pengendara tidak khawatir betot gas Fox R. Berdasarkan pengetesan kami, Fox R seharusnya bisa melaju sejauh 125 Km sekali cas, tidak berbeda jauh dengan apa yang diklaim.

Polytron Fox RKOMPAS.com/SENDY Polytron Fox R

Hasil tersebut kami dapatkan dengan gaya berkendara yang normal, bukan cari hemat. Jadi kalau di kemacetan santai, tapi saat mulai sepi, bisa tarik gas dan mengebut.

Cuma yang sayang, indikator baterai di instrument cluster cuma dalam satuan persen saja, bukan sisa jarak yang bisa ditempuh. Padahal bakal bikin lebih tenang lagi kalau pengendara tahu sisa baterai dengan indikator jarak.

Secara keseluruhan, Fox R sangat mumpuni dengan harga yang Rp 13,5 juta dapat performa yang melimpah. Buat kekurangannya seperti jok dan suspensi, sebenarnya bisa diakali dengan tambah busa dan ganti suspensi yang lebih empuk.

Tidak heran makanya sekarang sering melihat Fox R berlalu-lalang di jalanan. Memang pabrikan dalam negeri ini menawarkan motor yang mumpuni dengan harga yang relatif ekonomis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com