Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Terpeleset Saat Terobos Pelintasan, Nyaris Tertabrak Kereta

Kompas.com - 12/02/2024, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang pengendara motor yang nyaris tertabrak kereta api karena menerobos palang pelintasan ketika kereta akan melintas.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Agoez Bandz4, motor tersebut membawa barang di bagian belakang. Kemudian jatuh diduga karena terpeleset karena melintasi bagian tengah rel yang licin.

Baca juga: Begini Cara, Syarat dan Biaya Bikin SIM Online 2024

Motor yang jatuh di tengah rel itu kemudian dibantu berdiri oleh penjaga pelintasan kereta. Tak lama kereta melintas dan barang-barang yang jatuh dan belum sempat disingkirkan akhirnya terlindas kereta.

Kejadian semacam ini bukan sekali dua kali terjadi terjadi dan cukup sering. Pengendara motor menerobos palang pelintasan kereta meskipun berbahaya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara di Indonesia memang punya kesadaran yang rendah soal keselamatan. Bahkan mana yang membahayakan nyawa kadang tidak digubris.

Baca juga: Batas Aman Mobil Boleh Menerobos Banjir yang Benar

"Padahal jika bisa lebih besabar maka akan lebih aman," ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini. 

Salah satu perlintasan rel kereta api di daerah Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Salah satu perlintasan rel kereta api di daerah Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

"Saat melewati pelintasan, sebagai pengendara harus lebih bersabar. Lebih baik menunggu beberapa menit daripada hilang nyawa selamanya," kata Agus.

Terlepas dari kesalahan pengendara motor yang sering menerobos palang pelintasan, rel kereta api yang menonjol dan licin patut diwaspadai karena bisa membuat pengendara motor terpeleset.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, baik musim hujan ataupun kemarau, perlintasan kereta merupakan area yang cukup berbahaya untuk pengendara motor.

Baca juga: Showroom Mobil Bekas Ini Buka 5 Cabang Sekaligus

KAI Daop 8 Surabaya sedang melakukan penggantian bantalan rel Kereta Api di Jalan Sartono S.H dan Jalan Prof Moch Yamin, Kota Malang, Jawa Timur. KOMPAS.com/ Nugraha Perdana KAI Daop 8 Surabaya sedang melakukan penggantian bantalan rel Kereta Api di Jalan Sartono S.H dan Jalan Prof Moch Yamin, Kota Malang, Jawa Timur.

"Ada caranya jika mau melintasi rel kereta. Pertama posisikan motor itu untuk memotong jalur rel, artinya melintasi dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit," katanya.

Jusri menerangkan, posisi motor harus memotong sebab jika posisi motor miring sejajar dengan rel maka selain licin ban bisa saja terjebak di parit atau jalur kecil antara rel dan jalan (aspal).

"Kalau lewat rel sudah tentu kita turunkan kecepatan sesuai kondisi. Posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara," kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com