Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Ibu-ibu Tabrakan Akibat Nyebrang Jalan Sembarangan

Kompas.com - 09/02/2024, 19:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral di Instagram, menunjukkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dipicu oleh kekeliruan seorang ibu-ibu.

Kejadian yang diduga terjadi di Temanggung, Jawa Tengah ini terekam kamera CCTV dan dibagikan pertama kali oleh akun @dashcamindonesia di Instagram.

Pada video rekaman, nampak seorang ibu yang hendak menyeberang jalan. Sayangnya tidakan ini dilakukan tebruru-buru dan tanpa disertai pengamatan terhadap area sekitar.

Karena kurang hati-hati, terjadilah peristiwa nahas di mana ibu tersebut dihantam pengendara motor lain dari arah belakang. Tabrakan terjadi cukup keras, bahkan menyebabkan semua korban terpental cukup jauh.

Beruntungnya, kondisi jalan cukup ramai dan banyak masyarakat sekitar sigap memberikan bantuan terhadap semua korban.

Baca juga: Ingat, Jangan Menyerobot Kendaraan Lain Saat Kondisi Jalan Macet

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Emak-emak seenaknya kalau nyeberang. Berhati-hatilah dalam berkendara dan selalu patuhi peraturan lalu lintas agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tulis akun pengunggah, dikutip Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Menanggapi video ini, banyak masyarakat yang mengkritisi tindakan si ibu yang kurang hati-hati dan terkesan seenaknya saat menyeberang.

“Ini pengingat buat para suami atau anak, tolong jangan kasih istri atau ibunya motor kalau dirasa enggak mahir berkendara,” kata akun @ardikaputraa.

“Dia merasa sendirian pengguna jalan, akibat kelalalaian itu orang lain jadi celaka,” seloroh @indranovich.

Agus Sani, Head of Safety Riding AHM Wahana menjelaskan, pengguna motor wajib memiliki dua poin utama untuk mendukung keselamatan berkendara, yakni kemampuan serta teknik dan sikap siaga terhadap kondisi sekitar.

Baca juga: Suara Mesin Mobil Ngelitik, Ini Penyebab dan Solusinya

Pihak kepolisian saat olah di lokasi kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Raya Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, Senin (14/8/2023).Dok. istimewa Pihak kepolisian saat olah di lokasi kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Raya Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, Senin (14/8/2023).

Sikap siaga secara khusus dinilai sangat penting, karena kaitannya dengan kemampuan memprediksi potensi-potensi bahaya yang mungkin bisa terjadi

“Kita (pengendara motor) itu harus bisa membaca risk potential (potensi risiko). Misalnya kalau mau belok atau menikung, ada pengendara lain tidak?” Ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika berada di tengah lalu lintas padat, sikap kehati-hatian harus sangat ditonjolkan. Jika fokus hilang atau tidak mawas, risiko kecelakaan bisa semakin besar.

“Intinya hati-hati, pelan-pelan, dan tidak tergesa-gesa. Kecelakaan itu tidak akan terjadi kalau pengendara tenang,” kata Agus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com