Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru Belum Mau Jualan Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 09/02/2024, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini perkembangan kendaraan listrik di Indonesia semakin pesat, menyusul dengan banyaknya program akselerasi yang dilakukan pemerintah seperti insentif, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tak heran banyak merek mobil yang mulai memperkenalkan produk elektrifikasi di Tanah Air. Mulai dari hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV).

Hanya saja salah satu produsen asal Jepang Subaru tampaknya masih menjual produk-produk yang berfokus pada mobil konvensional alias mesin bensin.

Baca juga: Alex Marquez Sebut Marc Marquez Tidak Perlu Dibantu

Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia mengatakan, pihaknya belum mau bermain di segmen kendaraan elektrifikasi, setidaknya tidak dalam waktu dekat.

“Di luar negeri memang sudah ada (mobil listrik Subaru), tetapi kita belum berencana untuk masukkan ke Indonesia. Pasti akan ada, cuma belum tahu kapan, tidak di tahun ini,” ucap Arie, saat ditemui di Tangerang, belum lama ini.

SUV listrik Subaru SolterraSUBARU.com SUV listrik Subaru Solterra

Menurut Arie, ada hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk membawa mobil listrik ke Indonesia. Salah satunya adalah terkait persiapan dari produk apakah akan cocok dan sesuai dengan pasar di Tanah Air.

“Perlu diperhatikan dari kesiapan produknya sendiri, bagaimana bisa cocok atau sesuai dengan market di Indonesia. Jadi memang kita masih mempersiapkan,” kata Arie.

Baca juga: Modus Penipuan Jual Beli Motor Klasik Restorasi

Sebagai informasi, di global Subaru telah memiliki lini produk listrik yakni Subaru Solterra, yang merupakan kembaran dari Toyota bZ4X. Selain itu, Subaru global juga telah memiliki kendaraan elektrifikasi lainnya, yakn Crosstrek Hybrid dan Forester Hybrid.

Sementara di Indonesia, Subaru memiliki enam model yang dijual, mulai dari Subaru Forester, Crosstrek, BRZ, WRX, WRX Wagon hingga Outback. Semua kendaraan Subaru masih menggunakan mesin bensin, dan diimpor secara utuh langsung dari Jepang alias CBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com