Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Sistem Hydraulic Power Steering pada Mobil

Kompas.com - 06/02/2024, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Banyak mobil sudah dibekali power steering sehingga roda kemudi lebih ringan saat diputar. Berkat sistem tersebut mobil lebih mudah dikendalikan arah lajunya.

Hydraulic power steering (HPS) mengandalkan minyak bertekanan untuk membantu pengemudi dalam memutar roda kemudi. Selanjutnya electronic power steering (EPS) pakai motor listrik, dan ada juga mobil yang mengkombinasikan keduanya.

HPS banyak dijumpai pada mobil lawas, sebagai teknologi unggulan dari pada mobil tanpa power steering. Berikut kelebihan HPS dijelaskan oleh ahlinya!

Baca juga: Ban Mobil Tidak Lurus Saat Parkir Bikin Power Steering Cepat Rusak?

Nissan Serena Highway Star lansiran 2013 bekasOLX Autos Nissan Serena Highway Star lansiran 2013 bekas

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan sebenarnya sistem HPS memiliki beberapa kelebihan, meski dewasa ini sudah banyak digantikan dengan sistem EPS.

“Sistem HPS sebenarnya jauh lebih awet pada area pertautan rack dan pinionnya jika dibadingkan dengan EPS, hal ini bisa terjadi lantaran beban beratnya diambil alih oleh tabung fluida atau piston pada poros rack,” ucap Elin kepada Kompas.com, Senin (5/2/2024).

Elin mengatakan tingkat keawetan rack dan pinion pada sistem EPS tidak sama dengan HPS. Ternyata, ada faktor konstruksi yang mempengaruhi hal tersebut, bukan semata-mata ketidaksengajaan.

Baca juga: Tips Merawat Power Steering Mobil Agar Lebih Awet

Rack steer bisa rusak di beberapa bagiannya.Kompas.com/Ghulam Rack steer bisa rusak di beberapa bagiannya.

“Persinggungan rack dan pinion pada HPS hanya sebagai penentu arah, bukan menjadi area penerima beban sehingga gaya geseknya lebih kecil,” ucap Elin.

Selain area persinggungan rack dan pinion, sistem HPS juga baik dalam meredam getaran dari permukaan jalan sehingga lebih jarang menimbulkan bunyi atau mengalami oblak.

“Adanya oli yang mengelilingi poros rack dan beberapa seal membuatnya lebih baik meredam getaran, maka dari itu tidak masalah kualitas bushingnya dibikin lebih keras dan awet,” ucap Elin.

Baca juga: Kelebihan Sistem Electronic Power Steering pada Mobil


Berbeda dengan sistem EPS, Elin mengatakan seiring pemakaian bushing pada EPS bisa menjadi gepeng sehingga poros rack tidak terikat dengan sempurna.

“Selama sistem HPS dirawat dengan baik dengan memantau kualitas, volume minyak power steering dan mengganti drive belt secara rutin, maka akan awet dan lebih aman di perjalanan,” ucap Elin.

Nah, itu tadi kelebihan mobil dengan sistem HPS. Ternyata meski menjadi teknologi lawas tetap saja ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem EPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com