Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lalu Lintas Menurun di Januari 2024

Kompas.com - 05/02/2024, 14:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang Januari 2024, telah terjadi sebanyak 11.565 kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di seluruh wilayah Indonesia. Walaupun tergolong tinggi, angka tersebut ternyata merupakan penurunan.

Rekapitulasi ini dihimpun dari data Integrated Road Safety Management System (IRSMS), sistem software khusus Korlantas Polri yang berfungsi untuk mengkompilasi, mencatat, dan mengkalkulasi semua data kecelakaan nasional dari waktu ke waktu.

Jika dilakukan komparasi data laka lantas pada bulan yang sama pada periode tahun berbeda, tercatat laka pada Januari 2023 jauh lebih tinggi dengan catatan 12.000 kasus.

Berdasarkan data IRSMS, terlihat jika mayoritas Provinsi di Indonesia mengalami penurunan jumlah laka, namun sebagian masih tergolong besar dengan fatalitas cenderung tinggi.

Baca juga: Cerita Marquez Menolong Morbidelli Saat Kecelakaan di Portimao

Ilustrasi kecelakaan. Kecelakaan di Simalungun sebabkan 6 orang tewas, Rabu (24/1/2024).Hans/Pixabay Ilustrasi kecelakaan. Kecelakaan di Simalungun sebabkan 6 orang tewas, Rabu (24/1/2024).

Provinsi Jawa Timur masih menduduki peringkat atas dalam kategori jumlah laka terbanyak di Januari 2024, dengan sumbangan 2.367 kasus dan tingkat fatalitas 14 persen.

Angka tersebut mengalami penurunan jika dikomparasikan dengan periode Januari 2023, tercatat kasus kecelakaan berjumlah 2.715 kasus dan tingkat fatalitasnya 17 persen.

Sedangkan untuk provinsi dengan tingkat kecelakaan terendah selama Januari 2024 dipegang oleh Maluku Utara, dengan catatan 9 kasus namun fatalitasnya cukup tinggi yakni 78 persen.

Pada periode yang sama di 2023, Provinsi Maluku Utara juga jadi penyumbang kecelakaan paling sedikit. Catatannya adalah 18 kasus, namun fatalitasnya lebih rendah yakni 50 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com